Pasar Mobil Murah Tumbuh 47 Persen Selama Juli 2020

Kompas.com - 21/08/2020, 09:22 WIB
Segmen LCGC. Stanly/KompasOtomotifSegmen LCGC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar kendaraan hemat energi dan harga terjangkau (KBH) atau biasa dikenal dengan low cost green car (LCGC) pada Juli 2020 mengalami pertumbuhan positif hingga 47 persen dari bulan sebelumnya.

Menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan dari pabrik ke diler untuk produk berjuluk mobil murah alias LCGC ini, mencapai 2.745 unit, atau 10,8 persen dari keseluruhan pasar nasional.

Sementara dua bulan sebelumnya, penjualan mobil murah ini hanya mencapai angka 1.436 unit (Juni 2020) dan 154 unit (Mei 2020).

Baca juga: Penjualan SUV Murah Juli 2020, Suzuki XL7 Geser Toyota Rush

Uji Irit Honda Brio Satyadok.HPM Uji Irit Honda Brio Satya

"Secara keseluruhan, pencapaian di Juli merupakan signal penting untuk industri otomotif karena positive growth selama dua bulan berturut-turut usai melemah secara signifikan beberapa bulan sebelumnya imbas pandemi," ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto.

Kendati demikian, pencapaian penjualan LCGC belum kembali normal. Pada periode sama tahun sebelumnya, produsen terkait mampu mendistribusikan produk LCGC sebanyak 19.696 unit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun model yang mampu memimpin pasar LCGC sepanjang Juli 2020 ialah Honda Brio Satya dengan torehan penjualan 1.135 unit atau naik 101,9 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy menyampaikan, hal ini tak lepas dari situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air dan beralihnya masa PSBB ke PSBB transisi.

Baca juga: Toyota Fortuner Pimpin Pasar Mobil Juli 2020, Xpander Kalahkan Avanza

Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADMADM Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM

Tepat berada di bawahnya, ditempati Toyota Calya yang mampu tumbuh 18,6 persen dari Juni 2020, menjadi 516 unit. Kemudian dilanjutkan oleh Daihatsu Ayla dengan total penjualan 429 unit.

Berikut data penjualan LCGC selama Juli 2020:

1. Honda Brio Satya 1.135 unit
2. Toyota Calya 516 unit
3. Daihatsu Ayla 429 unit
4. Daihatsu Sigra 346 unit
5. Toyota Agya 260 unit
6. Suzuki Karimun Wagon R 59 unit



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X