Musim Hujan, Waspada Pohon Tumbang Saat Berkendara

Kompas.com - 19/08/2020, 19:21 WIB
Sebuah kendaraan minibus yang tengah melintas di ruas jalan raya Cugenang, Cianjur, Jawa Barat ringsek akibat tertimpa pohon jenis Mahoni yang tumbang ke jalan, Sabtu (21/12/2019) petang IstimewaSebuah kendaraan minibus yang tengah melintas di ruas jalan raya Cugenang, Cianjur, Jawa Barat ringsek akibat tertimpa pohon jenis Mahoni yang tumbang ke jalan, Sabtu (21/12/2019) petang

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang belakangan ini kerap terjadi di beberapa sejumlah wilayah DKI Jakarta. Kondisi ini menimbulkan banyak kejadian tak terduga, seperti pohon tumbang yang bisa saja menimpa pengendara sepeda motor maupun mobil.

Contoh kasus yang baru saja terjadi diunggah oleh akun instagram @jabodetabek.terkini. Di mana dalam video berdurasi 15 detik tersebut memperlihatkan sebuah pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin terjadi di Jl. Raya Pos Pengumben, Jakarta Barat.

Akibat kejadian tersebut, seorang driver ojek online yang sedang melintas ikut menjadi korban karena tertimpa pohon yang tumbang. Kondisi korban saat ini diduga meninggal dunia di tempat.

Terkait hal ini, menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, ada beberapa cara untuk menghindari risiko-risiko merugikan dari fenomena alam tersebut.

Baca juga: Begini Teknik Mengerem Skutik yang Benar, Beda dengan Motor Lain

“Zaman sekarang sudah modern, kita bisa memantau kondisi dan cuaca dari smartphone. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada hujan lebat dan potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi safety, artinya lebih ke pencegahan,” ujar Jusri kepada Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sebuah pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin di Jl. Raya Pos Pengumben, Jakarta Barat, Selasa (18/08/2020) sekitar pukul 15.30 WIB sore ini. Akibat kejadian tersebut, seorang driver ojek online yang sedang melintas ikut menjadi korban karena tertimpa pohon yang tumbang. Kondisi korban saat ini diduga meninggal ditempat dan masih menunggu penanganan dari pihak kepolisian setempat. Sementara akses jalan saat ini ditutup dan menyebabkan arus lalin tersendat. . . . . . Untuk update info terkini se Jabodetabek? . Follow: @jabodetabek.terkini Follow: @jabodetabek.terkini Follow: @Jabodetabek.terkini . Follow sekarang nanti di follow back! . Jabodetabek terkini, update info terkini se Jabodetabek! . Info dari:@refokrispanto . . . . #jabodetabekterkini #infojabodetabek #jabodetabekinfo #jakarta #jabodetabekkar #jabodetabekolshop #bekasi #depok #cikarang #cikaranghits #urbancikarang #depokhits #tangerang #tangerangselatan #bogor #bogorhits #bogorpisan #bogorian #bekasihits #bekasiterkini #bekasibanget #tangerangkota #jakartaterkini

A post shared by Jabodetabek Terkini (@jabodetabek.terkini) on Aug 18, 2020 at 2:36am PDT

Jusri mengatakan, kondisi tersebut berlaku baik bagi pengguna motor dan mobil. Meski secara tingkat fatalitas lebih berpotensi ke pemotor, namun bukan berarti pengguna mobil juga terjamin keselamatannya, apalagi bila berurusan dengan objek yang terjatuh dan tak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tetapi tiang listrik atau billboard yang terpasang di pinggir jalan.

Namun, bila kondisi terjadi ketika di tengah perjalanan dan disertai angin kencang, bagi pemotor disarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan dan segera mencari lokasi berteduh yang aman.

Baca juga: Jangan Asal Pakai Sarung Bodi Mobil, Ini Alasannya

Dan bagi pengendara mobil, dituntut agar lebih fokus dan meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kecepatan. Tidak hanya pada sisi depan, samping dan belakang, namun juga ancaman dari atas.

“Bicara soal objek yang jatuh itu ada banyak, bukan pohon saja. Saat kita memutuskan untuk tetap berjalan dan terkena objek yang jatuh risikonya akan semakin besar, karena benturan terjadi pada dua sisi, bisa saja membuat kerusakan lebih parah,” kata Jusri.

Meski demikian, Jusri mengingatkan, bahwa mewaspadai bahaya dari atas sebenarnya bukan hanya saat musim hujan saja, tapi setiap hari. Maka dari itu, pengendara dituntut untuk selalu berhati-hati saat akan atau sedang berkendara.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X