Kompas.com - 19/08/2020, 18:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan menyepelekan kondisi rantai sepeda motor. Sebab komponen ini punya fungsi penting, yaitu sebagai penerus putaran dari mesin ke roda belakang.

Ade Rohman Asisten Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, merawat dan menjaga kebersihan rantai penting bagi setiap motor khususnya tipe bebek dan sport.

"Kondisi rantai yang kurang baik seperti rantai putus atau rantai lepas dapat menyebabkan beberapa resiko, salah satunya adalah kecelakaan," katanya belum lama ini.

Baca juga: Data Telemetri Membuktikan Zarco Tidak Bermaksud Jahat

Cek ketegangan rantai motorFoto: Istimewa Cek ketegangan rantai motor

1. Periksa tegangan rantai

Lakukan pemeriksaan jarak main bebas rantai roda secara berkala, karena bisa saja terjadi rantai roda terlalu kendur atau malah terlalu kencang.

“Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30 mm hingga 25-35 mm. Disarankan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala,” kata Ade.

Pelumas rantaiFoto: Istimewa Pelumas rantai

2. Pelumas

Selalu memberikan pelumas pada rantai roda tujuannya adalah agar tetap awet. Pelumas rantai roda ini berfungsi untuk melumasi rantai motor hingga ke celah mata rantai.

Selain itu, pelumas juga membantu membersihkan rantai motor dari kotoran maupun debu yang menempel pada rantai.

Jangan memberikan pelumas rantai dengan oli bekas, karena akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.