Perilaku yang Dilarang Saat Menyalip Kendaraan Pakai Motor

Kompas.com - 19/08/2020, 10:12 WIB
Sejumlah pemotor saat melintasi ruas jalan lintas timur Cianjur, Jawa Barat, Selasa (20/05/2019) petang. Jajaran kepolisian setempat mengimbau pemudik yang berkendaraan roda dua untuk berhati-hati sejurus potensi peningkatan volume kendaraan dari arah berlawanan pada arus mudik lebaran tahun ini di jalan arteri Cianjur. KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMANSejumlah pemotor saat melintasi ruas jalan lintas timur Cianjur, Jawa Barat, Selasa (20/05/2019) petang. Jajaran kepolisian setempat mengimbau pemudik yang berkendaraan roda dua untuk berhati-hati sejurus potensi peningkatan volume kendaraan dari arah berlawanan pada arus mudik lebaran tahun ini di jalan arteri Cianjur.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Merasa dimensi kendaraannya kecil, tak sedikit pengendara sepeda motor jadi serampangan saat mendahului kendaraan lain, baik mobil bus dan truk, hingga motor lain.

Dorongan itu biasanya makin tinggi jika sedang berkendara bersama-sama. Pemotor kebut-kebutan dan menyalip dengan segala cara agar bisa mengikuti rekan atau berada di depan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, hal pertama dalam etika menyalip di jalan ialah tahu mengenai rambu dan marka jalan.

Baca juga: Mengenal Beragam Fungsi Bagasi yang Ada di Kabin Bus

pemotor yang menyalip kendaraanKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda pemotor yang menyalip kendaraan

Padahal ada rambu dan marka yang melarang pengendara menyalip kendaraan lain, yaitu marka garis tidak putus di jalan, menyalip di terowongan, di jembatan dan jalanan curam.

“Semua pengguna jalan harus mematuhi rambu-rambu yang memberitahukan batas marka, kecepatan dan adanya tikungan di depan dan lain-lain, karena hal ini yang memandu pengendara agar lebih selamat,” katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain soal marka, Sonny mengatakan hindari menyalip di tikungan dan di persimpangan. Dua tempat ini merupakan salah satu penyumbang jumlah kecelakaan tertingi sepeda motor.

Baca juga: Mengenal Bus Engkel, Bus Kecil dengan Sasis Truk

Puluhan pengendara sepeda motor dari arah Cipulir, Kebayoran Lama melintas  menuju Ciledug, Tangerang, dengan melawan arus. Pantauan Kompas.com di lokasi, di Jalan Sakti Raya, Pesanggrahan tepatnya di Gerbang Tol Ciledug 1,  puluhan pemotor tersebut berupaya untuk melawan arah agar bisa menuju arah Ciledug lebih cepat, Selasa (27/11/2018).KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Puluhan pengendara sepeda motor dari arah Cipulir, Kebayoran Lama melintas menuju Ciledug, Tangerang, dengan melawan arus. Pantauan Kompas.com di lokasi, di Jalan Sakti Raya, Pesanggrahan tepatnya di Gerbang Tol Ciledug 1, puluhan pemotor tersebut berupaya untuk melawan arah agar bisa menuju arah Ciledug lebih cepat, Selasa (27/11/2018).

"Pengguna jalan sebaiknya menghilangkan ego untuk segera cepat sampai tempat tujuan, ingat keselamatan saat berkendara adalah prioritas,” katanya.

Hal lain tak kalah penting ialah menyalip dari sebelah kiri, kemudian menyalip hanya mengandalkan perasaan. Dalam arti menyalip saat posisi penglihatan masih terhalang.

"Jangan semua dikira-kira. Biasanya biker hanya menggunakan insting. Merasa kendaraannya ramping, tapi bukan berarti semua kondisi muat dan pas dengan lebar motor. Tidak boleh memaksakan diri," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.