Sah! Dovizioso Putuskan Hengkang dari Ducati

Kompas.com - 16/08/2020, 10:01 WIB
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, berbicara kepada media usai MotoGP Thailand 2019. TWITTER.com/MotoGPPembalap Ducati, Andrea Dovizioso, berbicara kepada media usai MotoGP Thailand 2019.
|

SPIELBERG, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso resmi meninggalkan Ducati Corse musim depan. Dovi memilih berpisah dari Ducati setelah delapan tahun bersama pabrikan Borgo Panigale.

Keputusan Dovi dikonfirmasi oleh sang manager Simone Battistella. Pengumuman ini menjadi jawaban sejak kabar kontrak baru Dovi yang mandek mencuat beberapa bulan silam.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2020, Vinales Terdepan, Rossi Tercecer

"Terima kasih, ini sangat baik, tapi tidak ada alasan untuk melanjutkan," kata Simone Battistella yang mengumumkan keputusan Dovi tidak melanjutkan kontrak bersama Ducati, dikutip GPOne, Sabtu (15/8/2020).

Andrea Dovizioso tengah mengendalikan motornya pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 31 Mei 2019. AFP/TIZIANA FABI Andrea Dovizioso tengah mengendalikan motornya pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 31 Mei 2019.

Meski tidak ada penjelasan rinci, tapi keputusan Dovi hengkang dari Ducati ditengarai karena masalah gaji. Dovi disebut tidak puas dengan tawaran gaji Ducati apalagi dia runner up di musim lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain Ducati tidak bisa memenuhi permintaan Dovi sebab saat ini situasi perusahaan sedang tidak bagus imbas krisis pandemi Covid-19. Ducati pun sudah coba bernegosiasi dengan Dovi.

"Kami harus memutuskan saat ini. Keputusan ini dibuat dengan evaluasi benyak parameter, yang merupakan refleksi berdasarkan parameter tersebut," kata Battistella.

Bos Ducati MotoGP, Paolo Ciabatti.MOTOGP.COM Bos Ducati MotoGP, Paolo Ciabatti.

Belum ada kabar soal masa depan Dovi musim depan, apakah pebalap 34 tahun itu bakal lanjut atau pensiun. Sebab saat ini pilihan kursi di MotoGP sudah sedikit, terutama untuk kursi tim pabrikan.

"Andrea (Dovizioso) akan melanjutkan (karir) jika dia mendapat prospek yang bagus," kata Battistella.

Baca juga: Lalu Lintas Cikampek Mulai Padat, Contraflow Diberlakukan

Ducati Sporting Director Paolo Ciabatti mengatakan, hal yang memalukan sampai Dovi keluar dari Ducati setelah delapan tahun. Tapi sayangnya tidak ada jalan keluar untuk situasi seperti ini.

"Kami tentu tidak senang dengan apa yang terjadi, tapi saya coba melihatnya dari sisi yang positif dari hubungan kami, yakni kami memiliki capaian (balap) yang bagus," kata Ciabatti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.