Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Diproduksi Massal, Bahan Bakar D-100 Bisa Tekan Impor Minyak

Kompas.com - 14/08/2020, 17:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) belum lama ini tengah menguji dan mengembangkan bahan bakar D-100. Bahan bakar yang diperutukkan bagi mesin diesel ini terbuat dari 100 persen minyak kelapa sawit.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa hal ini menjadi salah satu bentuk kerja pemerintah dalam membangun kemandirian energi Tanah Air.

“Tahun 2019 kita telah berhasil memproduksi dan menggunakan B20, dan tahun ini kita mulai dengan B30, sehingga kita mampu menekan nilai impor minyak kita di tahun 2019,” ucap Jokowi, dalam pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-57 Kemerdekaan RI, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Hampir Rampung, Tol Bogor Ring Road Sudah Tembus sampai Semplak

Ilustrasi biodiesel B30esdm.go.id Ilustrasi biodiesel B30

Jokowi mengatakan, saat ini Pertamina sedang menyelesaikan pengembangan bahan bakar D-100, yang memiliki angka cetane number 79.

Jika uji coba telah selesai dan siap diproduksi massal, diperkirakan 1 juta ton sawit akan diserap sebagai bahan baku BBM ini, dengan kapasitas produksi 20.000 barrel per hari.

“Pertamina bekerja sama dengan para peneliti, telah berhasil menciptakan katalis untuk pembuatan D-100 yaitu bahan bakar diesel yang 100 persen dibuat dari minyak kelapa sawit yang sedang uji produksi di dua kilang minyak kita,” kata Jokowi.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Arti Warna Coklat dari Rambu Penunjuk Arah

Presiden Joko Widodo memberikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Kepala Negara memilih menggunakan pakaian adat Sabu, Nusa Tenggara Timur, pada sidang tahunan yang digelar di tengah pandemi Covid-19 kali ini.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Presiden Joko Widodo memberikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Kepala Negara memilih menggunakan pakaian adat Sabu, Nusa Tenggara Timur, pada sidang tahunan yang digelar di tengah pandemi Covid-19 kali ini.

Untuk diketahui pada 14 Juli lalu, Pertamina telah melakukan uji coba bahan bakar D-100 dengan menggunakan MPV diesel hingga sejauh 200 km.

Deputy CEO PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Budi Santoso Syarif mengatakan, selama pengujian bahan bakar D-100, tidak ditemukan adanya excessive noise selama berkendara.

Tarikan mesin diklaim menjadi lebih bertenaga dan asap buang knalpot menjadi lebih bersih, walaupun mobil digeber pada rpm tinggi.

“Menurut hasil uji lab kami, terukur bahwa angka cetane number bahan bakar campuran D-100 pada Dexlite dan FAME yang digunakan tersebut mencapai angka minimal 60 atau lebih tinggi dari bahan bakar diesel yang ada saat ini,” ujar Budi, dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com