Kompas.com - 14/08/2020, 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung MPR/DPR, Jakarta pada Jumat (14/8/2020).

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan dalam upaya antisipatif berlangsungnya pidato kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo dalam sidang tahunan di Gedung DPR dan MPR.

"Untuk rekayasa di sekitar Gedung DPR/MPR sifatnya situasional," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Langkah dan Biaya Mengurus STNK yang Hilang

Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.

Dikatakan pula bahwa setidaknya ada 6.300 petugas gabungan yang bersiap untuk mengamankan arus lalu lintas dan sidang tersebut.

"Petugas gabungan ini terdiri dari Polda, Polres, TNI, dan Pemda," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Adapun sidang tahunan ini berlangsung pada pukul 09.00-11.00 WIB dan 14.00-16.00 WIB dengan rangkaian sidang bersama serta pidato nota keuangan pemerintah untuk RAPBN 2021.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Kakorlantas Pantau Rekayasa Lalu Lintas di Seputaran DPR-MPR RI Jelang Sidang Tahunan dan Pidato Kenegaraan Presiden Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Istiono, M.H turun langsung melakukan patroli meninjau pengamanan rekayasa lalu lintas di seputar Gedung DPR-MPR RI terkait adanya gelaran sidang tahunan serta agenda pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo, Jumat (14/8/2020). Hadir di depan kawasan gedung DPR-MPR RI, Kakorlantas polri didampingi Kabagops Korlantas Kombes Pol Rudi Antartiksawan, didampingi oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo. "Untuk rekayasa lalu lintas yang kami laksanakan sifatnya situasional," ujar Dirlantas Metro saat ditemui mewakili Kakorlantas Polri. Selain agenda kenegaraan pidato presiden RI didepan sidang bersama DPD, DPR dan MPR RI, di informasikan pada hari yang sama ini akan ada beberapa elemen masyarakat serta masyarakat yang akan melakukan penyampaian aspirasi unjuk rasa ke DPR-MPR RI. "Kami melakukan Rekayasa lalu lintas agar penyampaian aspirasi masyarakat tetap dapat berlangsung tetapi tidak menggangu rangkaian pidato kenegaraan presiden," tuturnya. "Jika nanti siang elemen masyarakat sudah datang, maka arus lalu lintas didepan MPR ini tentu akan kita alihkan." jelasnya. Terakhir, Dirlantas Metro Kombes pol Sambodo menghimbau kepada masyarakat yang hari ini akan melaksanakan aktivitas dimohon untuk menghindari kawasan seputar DPR-MPR. . #ntmcpolri

A post shared by NTMC POLRI (@ntmc_polri) on Aug 13, 2020 at 9:44pm PDT

Berikut skema rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan di sekitar Gedung DPR/MPR:

1. Arus lalu lintas dari Jl. Gatot Subroto arah Gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri ke Jl. Gerbang Pemuda.

2. Arus lalu lintas dari Jl. Gerbang Pemuda arah Jl. Gatot Subroto diputar balik di bawah jalan layang Farmasi ke dari Jl. Gerbang Pemuda

3. Arus lalu lintas dari tol dalam kota yg akan keluar di off-ramp Pulo Dua akan diluruskan ke arah Tol Tomang.

4. Arus lalu lintas dari Jl. Palmerah Timur arah Jl. Gelora diluruskan ke Jl. Tentara Pelajar.

5. Arus lalu lintas dari Jl. Asia Afrika arah Jl. Gelora dibelokkan ke kanan ke Jl. Gerbang Pemuda.

6. Arus lalu lintas dari Jl. Gerbang Pemuda arah Jl. Gelora dibelokkan ke kiri Jl. Asia Afrika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.