Bahan Alami Ini Ampuh Tangkal Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Kompas.com - 10/08/2020, 14:41 WIB
Ilustrasi Kabin Mobil stanlyIlustrasi Kabin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang rutin menggunakan mobil pribadi untuk menunjang aktivitas sehari-hari, faktor kenyamanan saat berkendara sangat penting untuk diperhatikan.

Salah satunya adalah soal pemilihan pengharum mobil yang bagus dan tahan lama. Selain bisa membuat kabin terasa segar, adanya pewangi juga bisa menghilangkan bau tidak sedap di mobil. Kendati demikian, sebaiknya pemilik mobil bijak dalam memilih aromanya.

CEO Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian, mengatakan, untuk parfum mobil sebaiknya menggunakan wangi aroma terapi.

“Untuk kendaraan sebaiknya menggunakan aroma yang tidak terlalu menyengat, disarankan aroma terapi teh atau kopi. Karena jika menggunakan aroma yang menyengat akan membuat mual dan mudah pusing akibat menghirup bau yang terlalu wangi,” ujar Christopher ketika dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bolehkah Dorong Motor Matik Saat Mogok?

1. Kopi

Aroma dari kopi, baik itu bubuk atau biji kopi sangat bermanfaat untuk menetralisir bau tidak sedap terutama asap rokok.

“Pemilik mobil bisa meletakan bubuk kopi di dalam mobil. Sebab, bahan-bahan alami tersebut mempunyai sifat menyerap, dan menyebarkan aroma yang tidak sedap bahkan bisa mengalahkan bau dari asap rokok,” kata Christopher.

Caranya, cukup sederhana. Pemilik mobil hanya perlu meletakan biji kopi yang diletakkan ke dalam wadah yang sudah dilubangi tutupnya di beberapa sudut dalam kabin.

Sudah banyak pemilik mobil yang menjadikan biji kopi sebagai pengharum mobil yang bagus untuk mengusir bau tidak sedap. Bahkan sekarang sudah banyak produsen yang mengeluarkan pafum dengan aroma biji kopi.

Ilustrasi biji kopiAlbert Supargo Ilustrasi biji kopi

2. Bunga melati

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X