Mulai 11 Agustus Gerbang Tol Cikunir 4 Ruas JORR Dioperasikan

Kompas.com - 09/08/2020, 10:44 WIB
GT Cikunir 4 mulai dioperasikan Jasamarga Metropolitan TollroadGT Cikunir 4 mulai dioperasikan

JAKARTA, KOMPAS.comGerbang Tol (GT) Cikunir 4 mulai dioperasikan pada 11 Agustus 2020 pukul 00.00 WIB. Dibukanya GT Cikunir 4 ini bertujuan untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cikunir 2 dari arah Cikampek dan sekitarnya menuju berbagai wilayah di Jakarta.

Jasamarga Metropolitan Tollroad selaku pengelola ruas JORR seksi E1, E2, dan E3 melakukan peningkatan kapasitas dan pemisahan transaksi dengan mengoperasikan GT Cikunir 4 yang khusus melayani transaksi tol ke arah Jati Asih.

Nantinya GT Cikunir 4 diperuntukkan bagi pengguna jalan yang mengarah ke Jatiasih/Jagorawi/P. Indah/Serpong. Sedangkan GT Cikunir 2 diperuntukkan bagi yang mengarah ke Pondok Kelapa/Bintara/Tanjung Priok.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Ceko 2020, Quartararo Tergelincir, Zarco Pole

Sejumlah kendaraan melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju tol Jakarta-Cikampek di Bekasi , Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sebanyak 44.550 kendaraan keluar wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ) melewati gerbang tol Cikampek Utama jelang larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada (24/4/2020).ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju tol Jakarta-Cikampek di Bekasi , Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sebanyak 44.550 kendaraan keluar wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ) melewati gerbang tol Cikampek Utama jelang larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada (24/4/2020).

Kemudian bagi kendaraan yang masuk GT Cikunir 2 arah Tanjung Priok sudah tidak dapat lagi memotong jalur untuk masuk ke arah Jati Asih. Karena untuk ke Jati Asih sudah ada pemisahan lajur transaksi melalui GT Cikunir 4.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Oemi Vierta Moerdika mengatakan, selain untuk mengantisipasi antrean kendaraan, pengoperasian GT Cikunir 4 juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas GT Cikunir 2.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Mobil Bekas Pabrikan Jepang Lebih Laris ketimbang Eropa

“GT Cikunir 2 saat ini memiliki 12 gardu (7 GTO Multi dan 5 Oblique Approach Booth/OAB). Dengan dioperasikan GT Cikunir 4, totalnya menjadi 15 gardu dengan rincian 8 gardu di GT Cikunir 4 (5 GTO Multi, 1 GTO, 2 OAB) dan 7 gardu di GT Cikunir 2 (5 GTO Multi, 2 OAB)” kata Oemi dalam siaran resmi, Minggu (9/8/2020).

Oemi menjelaskan, tidak ada perubahan tarif dengan pengoperasian GT Cikunir 4. Pengguna jalan tetap menggunakan tarif JORR saat ini yaitu, Rp 15.000 (golongan 1), Rp 22.500 (golongan 2 dan 3), Rp 30.000 (golongan 4 dan 5).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X