Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak yang Belum Paham Beda Knalpot Racing Slip On dan Full System

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen yang paling banyak diganti oleh pemilik motor adalah bagian knalpotnya. Tak sedikit yang mengganti knalpot standar dengan knalpot racing.

Tujuan dari penggantian ini juga bermacam-macam, mulai dari segi estetika, suka dengan suara yang dihasilkan, hingga ingin meningkatkan performanya.

Di pasaran, sudah banyak produsen aftermarket yang menawarkan berbagai macam knalpot racing. Knalpot racing yang dijual biasanya ada dua jenis, yakni slip on dan full system.

Hanky Kurniawan, Sales Marketing PT Trivera Jaya, distributor Yoshimura di Indonesia, menjelaskan, slip on itu hanya bagian silencer saja. Jadi, leher atau pipa knalpotnya masih pakai standar pabrik atau bawaan motor.

"Slip on akan memberikan suara Yoshimura yang khas. Tapi, dari segi performa meningkatnya tidak banyak, mungkin sekitar 2 persen atau 3 persen," ujar Hanky, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hanky melanjutkan, jika slip on hanya silencer saja, full system itu satu set dengan pipa knalpotnya. Pipa-pipa ini juga lekukannya dibuat khusus, materialnya juga.

"Jadi, tenaga mesin bisa meningkat sampai 10 persen," kata Hanky.

Dari segi harga juga tentu akan berbeda, knalpot full system akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis slip on.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/07/171100315/banyak-yang-belum-paham-beda-knalpot-racing-slip-on-dan-full-system

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke