5 Komponen yang Menyebabkan Knalpot Motor 4-tak Keluar Asap Putih

Kompas.com - 31/07/2020, 11:22 WIB
Ilustrasi knalpon. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIIlustrasi knalpon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor 4-tak tidak seperti 2-tak yang banyak mengeluarkan asap. Jika sampai keluar asap putih dari knalpot, maka perlu dicurigai terjadi adanya kerusakan.

“Jika mengeluarkan asap putih artinya salah satu dari komponen mesin 4-tak ada yang sudah tidak berfungsi dengan baik,” ujar Ade Rohman, Technical Service Sub Dept. Head PT Daya Adicipta Motora, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Knalpot Racing Yoshimura untuk Ninja ZX-25R Baru Siap Akhir Tahun

Ade menambahkan, asap putih yang keluar dari knalpot mesin 4-tak dikarenakan adanya pelumas atau oli yang ikut terbakar pada ruang bakar.

Piston Suzuki Satria F sehabis dibersihkan.Ghulam/Otomania Piston Suzuki Satria F sehabis dibersihkan.

Menurut Ade, hal tersebut dikarenakan adanya kebocoran pada beberapa komponen yang sudah mengalami keausan. Berikut lima komponen yang dimaksud:

1. Ring Piston

Fungsi ring piston adalah untuk menjaga kompresi dan juga menyapu oli di dinding silinder agar tidak masuk ke ruang bakar.

"Jadi, jika ring piston aus sudah bisa dipastikan oli akan merembes masuk ke ruang bakar, sehingga akan ikut terbakar bersama bahan bakar pada saat terjadi pembakaran dan berubah menjadi asap putih yang keluar melalui knalpot," kata Ade.

Baca juga: Knalpot Motor yang Berasap, Tanda Apakah Itu?

2. Piston

Ade mengatakan, piston sebagai tempat duduknya ring piston, maka apabila piston mengalami keausan melebihi batas servis bisa dipastikan juga akan ada oli yang merembes ke ruang bakar. Sebab, ring piston tidak bisa duduk dengan sempurna, sehingga akan mengeluarkan asap putih pada knalpot.

3. Liner/Blok Silinder

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X