Bongkar Pasang Ban Mobil Jangan Sembarangan, Begini Cara yang Benar

Kompas.com - 31/07/2020, 14:42 WIB
Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban. afroautos.comIlustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pengguna mobil yang belum tahu cara membongkar dan memasang ban yang benar dan aman. Padahal, secara teknis dan tahapannya relatif cukup mudah.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, langkah pertama mengendurkan keempat baut pada ban yang ingin diganti, setelah itu baru memasang dongkrak.

“Bautnya jangan dilepas dahulu, hanya sekedar mengendurkan saja. Setelah dongrak dipasang, lalu baut dan bannya dilepas, kemudian ambil ban cadangan,” ujar Anjar belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Antisipasi Lonjakkan Volume Kendaraan, Polisi Siagakan 187 Personel di Jalur Puncak            

dongkrak mobilKompas.com/Fathan Radityasani dongkrak mobil

Langkah selanjutnya, lanjut Anjar, kembali memasangkan ban cadangan dan baut. Namun, jangan dulu dikecangkan sampai dongkrak diturunkan dan posisi ban sudah menempel dengan tanah atau aspal.

Baca juga: Libur Panjang, Jumlah Penumpang Bus AKAP Diprediksi Tetap Landai            

“Setelah itu baru baut dipasangkan. Ketika mengecangkan tidak perlu menginjak kunci roda, cukup dengan bantuan tangan dan sedikit dorongan badan,” katanya.

Anjar melanjutkan, takutnya akan membahayakan dan membuat cedera karena terpeleset. Lagi pula, kata dia tidak perlu terlalu kencang yang berlebihan.

“Kalau dari segi keamanan itu tadi takutnya terpeleset, kalau dari teknis nanti justru bautnya akan slek dan ketika mau dibuka lagi akan susah karena terlalu kencang,” ucapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X