Ini Efek jika Ban Kelebihan atau Kekurangan Tekanan Udara

Kompas.com - 31/07/2020, 10:41 WIB
Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar. huffingtonpost.comPerhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga tekanan udara pada ban mobil menjadi salah satu cara sederhana untuk merawat karet pembungkus pelek tersebut.

Dengan tekanan udara yang tetap terjaga dan disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan, maka tingkat keawetan juga lebih bagus.

Setiap pabrikan sudah memberikan rekomendasi mengenai berapa tekanan ban yang diperlukan, baik saat mobil kosong maupun penuh dengan penumpang.

Hal ini salah satunya bertujuan untuk tetap menjaga kenyamanan serta keamanan selama melakukan perjalanan.

Baca juga: Nyetir Mobil Malam Hari Terasa Lebih Capek dan Bahaya, Ini Alasannya

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, tekanan udara pada ban mobil yang paling baik adalah sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Cara mengetahui rekomendasi tekanan udara, yaitu dengan melihat stiker yang dipasang pada kendaraan, biasanya berada di balik daun pintu.

“Yang paling bagus tentunya yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan,” kata Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Ilustrasi ban kempis.thetruthaboutcars.com Ilustrasi ban kempis.

Zulpata mengatakan, setiap ban yang mengalami kelebihan atau kekurangan akan memberikan efek tersendiri.

Seperti ban yang kekurangan tekanan udaranya sama halnya kendaraan yang membawa beban secara berlebih.

“Berkendara meski tekanan udara ban kurang bisa menyebabkan dinding samping mengalami defleksi berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan ban pecah ketika dikendarai,” ujarnya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X