Cara Berlatih Teknik Kontrol Gas dan Pengereman yang Baik

Kompas.com - 29/07/2020, 18:01 WIB
Berlatih teknik kontrol gas dan mengerem yang baik dan benar Foto: AHMBerlatih teknik kontrol gas dan mengerem yang baik dan benar
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik sepeda motor perlu fokus dan keterampilan yang baik. Karena itu pengendara perlu menguasai beragam teknik berkendara untuk mengurangi potensi bahaya di jalan raya.

Johanes Lucky, Manager Safety Riding Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, pengendara setidaknya perlu menguasai dua teknik dasar berkendara yang baik, yaitu kontrol gas dan pengereman.

Baca juga: Pemilik Skutik yang Pakai Pelat Nomor Thailand Bakal Didenda Rp 500.000

"Penggunaan teknik pengereman dan teknik bukaan gas secara intens sangat terasa ketika menghadapi tikungan di jalan raya," kata Lucky lewat keterangan resmi, diterima Rabu (29/7/2020).

Kompetisi Safety Riding dalam Safety Japan Instructor Competition diselenggarakan Honda di Sirkuit Suzuka, Jepang pada 3-4 Oktober 2019Kompas.com/Setyo Adi Kompetisi Safety Riding dalam Safety Japan Instructor Competition diselenggarakan Honda di Sirkuit Suzuka, Jepang pada 3-4 Oktober 2019

1. Berlatih kontrol bukaan gas

Teknik kontrol gas lakukan dapat dilakukan dengan membuka gas dengan cara diputar secara perlahan agar tenaga yang dikeluarkan dapat terkontrol dengan baik dan menutup putaran gas dengan cepat.

Sebaliknya, jika terdapat tuas kopling tarik tuas kopling dengan cepat dan lepaskan secara perlahan.

Jari di tuas remtribunnews.com Jari di tuas rem

2. Berlatih teknik pengereman

Lucky mengatakan, beragam metode latihan dapat dilakukan oleh para pengendara. Cara yang paling mudah yakni dengan menggunakan motor statis atau mesin dalam keadaan mati.

Caranya yaitu pertama pastikan motor dalam keadaan mesin mati dengan posisi standar tengah. Kemudian berlatih dengan tutup putaran gas kemudian tarik tuas rem menggunakan empat jari.

Tujuannya agar mendapatkan pengereman yang maksimal. Tak lupa juga tarik tuas rem belakang atau injak pedal rem belakang kemudian tarik tuas kopling dan kemudian turunkan kaki kiri.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X