Deretan Motor yang Pernah Kena Recall di Indonesia

Kompas.com - 27/07/2020, 14:26 WIB
Petisi recall Honda PCX Petisi recall Honda PCX

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibandingkan dengan mobil, ternyata jumlah sepeda motor yang pernah kena penarikan kembali atau recall, di Indonesia tak terlalu banyak. Namun, tetap saja menjadi catatan bagi produsen roda dua tersebut untuk dapat meningkatkan kualitas produksinya.

Menurut data resmi yang diperoleh Kompas.com, beberapa agen pemegang merek (ATPM) yang terdaftar melakukan recall adalah, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ( YIMM), dan PT Astra Honda Motor ( AHM).

Baca juga: Daftar Mobil yang Pernah Kena Recall di Indonesia

"Sesuai aturan yang berlaku (PM Kementerian Perhubungan Nomor 53/2019), produsen terkait harus melaporkan hal tersebut ke pemerintah. Saat ini sudah cukup baik, namun kendalanya banyak kendaraan yang sudah berpindah tangan, khususnya bagi produksi lama," kata salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya kepada Kompas.com di Jakarta, belum lama ini.

Suzuki tambahkan pilihan warna untuk Address dan SmashStanly/KompasOtomotif Suzuki tambahkan pilihan warna untuk Address dan Smash

PT SIS selaku agen pemegang merek (ATPM) motor Suzuki di Indonesia telah melakukan recall terhadap 17.908 unit kendaraan roda dua selama tahun 2019.

Model yang terkait adalah Address produksi 2013-2018 (13.249 unit) dan Nex 110 A/T produksi 2017-2018 (4.659 unit). Namun, pogram ini telah dilaksanakan mulai dua tahun lalu.

Berdasarkan informasi pabrikan beberapa waktu lalu, motor dilakukan recall karena diindikasi ada masalah pada bagian cranckshaft, generator rotor, horn switch, dan stater switch.

Baca juga: Perbedaan Recall Kendaraan di Indonesia dengan Amerika

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) juga sudah melakukan kampanye penarikan kembali untuk Suzuki Address FI yang diproduksi antara 2015 hingga 2018.

Menghindari penggunaan kata recall, program penarikan ini disebut Product Quality Update oleh Suzuki. Pihak Suzuki akan memeriksa empat komponen, yaitu cranckshaft, generator rotor, horn switch, dan stater switch yang diduga bermasalah.

Sedangkan PT YIMM, tercatat pernah melakukan recall terhadap model YZR- R25 dan MT-25, Tricity, serta TMax. Secara total, ada 32.258 unit motor yang terlibat.

Yamaha R3 di Amerika juga kena imbas recall R25 dan MT25 di Indonesia.motorcycle Yamaha R3 di Amerika juga kena imbas recall R25 dan MT25 di Indonesia.

Yamaha sebenarnya telah mengumumkan pemanggilan kembali untuk R25 dan MT-25 produksi 2014-2017 di dalam negeri. Penyebabnya adalah masalah pada bagian mesin dan radiator.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X