MotoGP 2020 Hanya 13 Seri, Ini Kata Rossi dan Marquez

Kompas.com - 17/07/2020, 19:22 WIB
Valentino Rossi Foto: YamahaValentino Rossi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP untuk memangkas jumlah seri dari yang seharusnya dijadwalkan. Meski demikian, Valentino Rossi sebut itu sudah cukup.

MotoGP 2020 hanya berjumlah 13 seri, dari yang semula dijadwalkan 20 seri. Semua balapan digelar di Eropa, bahkan beberapa sirkuit mendapat kesempatan dua kali jadi tuan rumah.

Baca juga: Jadwal MotoGP Jerez Akhir Pekan ini, Latihan Bebas, Kualifikasi dan Balapan

Terakhir kalinya MotoGP digelar sebanyak 13 seri, yakni pada 1995. Sebagai pebalap paling senior, Rossi mengatakan jumlah seri tersebut sudah cukup untuk satu musim.

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

"Pada awalnya, kami tidak begitu yakin dengan jumlah serinya. Biasanya, kami balapan sebanyak 19 atau 20 seri. Tapi, memang benar dulu di era '70 atau '80, jumlah seri satu musim hanya delapan, sembilan, 10, 12," kata Rossi, dikutip dari Motorsport.com.

Rossi menambahkan, untuk era modern seperti sekarang, 13 seri memang lebih singkat. Tapi, sudah cukup untuk bisa berkompetisi dengan sebenarnya.

Maverick Vinales Twitter/Maverick Vinales Maverick Vinales

Dorna Sports masih membuka kemungkinan jika ada tambahan seri. Namun, beberapa pihak mempertanyakan berapa banyak pastinya. Marc Marquez bahkan menyebutkan akan aneh jika tidak mengetahui jumlah pasti untuk musim ini.

"Sulit dan aneh jika tidak mengetahui dengan pasti berapa banyak balapan yang akan kita jalani. Tapi di pikiran saya, mental tetap sama. Saya akan selalu memberikan 100 persen di tiap trek," ujar Marquez.

Baca juga: Simak Jadwal MotoGP 2020, Semua Seri Digelar di Eropa

Sedangkan Maverick Vinales, mengatakan, setiap serinya akan menjadi unik selama pandemi ini terjadi. Selain itu, Vinales juga memiliki mental dan strategi yang sama dengan Marquez.

"Menurut saya, penting untuk meraih poin sebanyak-banyaknya di tiap balapan dan mencoba selalu di depan. Ini yang akan menjadi hal utama dan tidak melakukan kesalahan di musim ini," kata Vinales.



Sumber Motorsport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X