Pasang Action Cam di Helm, Sebaiknya di Mana?

Kompas.com - 15/07/2020, 09:42 WIB
Action camera ditempel di helm menggunakan double tape. Donny Dwisatryo PriyantoroAction camera ditempel di helm menggunakan double tape.

JAKARTA, KOMPAS.com - Motoran atau berkendara dengan sepeda motor makin diminati oleh banyak kalangan. Bukan cuma naik motor, tapi juga merekam kegiatan di atas motor memakai action camera.

Posisi untuk meletakkan action camera atau action cam pun berbagai macam, ada yang ditaruh di bagian atas helm, sisi kiri atau kanan helm, atau dagu.

Lantas, sejatinya mana yang paling tepat?

Baca juga: Usai Melibas Genangan, Motor Matik Wajib Periksa Bagian Ini

Alitt Susanto, content creator dan motovlog, mengatakan pada dasarnya tidak ada posisi yang terbaik, semua tergantung kenyamanan dan tujuannya. Selain itu, masing-masing juga ada kelebihan dan kekurangan.

“Ada beberapa posisi yang jadi favorit, seperti di atas helm, di samping kanan atau kiri helm, atau di bagian dagu,” ujar Alitt, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Action cam dipasang di dagu helm.Donny Dwisatryo Priyantoro Action cam dipasang di dagu helm.

1. Samping

Tak sedikit yang menaruh action cam di bagian samping. Kunggulannya pemasanganya relatif lebih mudah, karena permukaannya rata. Kekurangannya helm terasa berat sebelah dan ada bagian gambar yang tertutup helm.

Tipsnya ialah usahakan posisi action cam sejajar dengan mata untuk mendapat hasil yang maksimal. Karena action cam diibaratkan sebagai mata penonton.

Baca juga: Alasan Disc Brake Motor Dibuat Bergelombang, Bukan Sekadar Estetika

2. Atas

Andi Akbar, builder Katros Garage yang juga menekuni dunia motovlog, mengatakan action cam yang diletakkan di atas helm punya keunggulan hasil gambar penuh dan tanpa halangan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X