Berkenalan dengan Daihatsu Wake, Kei Car Jepang Berparas Unik

Kompas.com - 13/07/2020, 08:02 WIB
Daihatsu Wake, Kei Car asal Jepang yang punya tampilan unik. KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Wake, Kei Car asal Jepang yang punya tampilan unik.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir sebagian besar pabrikan mobil Jepang di negara asalnya memiliki mobil mungil namun syarat dengan tingkat fungsional yang tinggi. Bahkan ada beberapa yang dilengkapi dengan fitur-fitur mewah layaknya mobil premium.

Bagi yang sudah pernah ke Negeri Sakura, tentu sering melihat ada banyak mobil berdimensi kecil dengan segala tampilan, berseliweran, mulai dari sporty, imut, sampai elegan. Mobil tersebut dikenal dengan sebutan Kei Car.

Kei Car menjadi ciri khas mobil Jepang seperti Indonesia dengan mobil keluarga atau multi purpose vehicle (MVP). Selain dimensinya yang mungil, kubikasi mesin Kei Car juga minimalis, yakni sekitar 600 cc hingga 660 cc.

Baca juga: Pakai Mobil Toyota Tanpa Harus Beli, Bisa?

Bicara soal Kei Car, beberapa hari lalu Kompas.com berkesempatan menjajal langsung sensasi berkendara produk buatan Daihatsu, yakni Wake, di Jakarta. Namun sebelum jauh membahas bagaimana impresinya, kita kupas sedikit mengenai desainnya.

Daihatsu Wake, Kei Car Jepang yang punya paras unik.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Wake, Kei Car Jepang yang punya paras unik.

Daihatsu Wake yang redaksi gunakan merupakan unit keluaran 2015, mobil ini pernah ikut menjadi salah satu bintang tamu dalam pameran otomotif di Indonesia beberapa tahun lalu yang didatangkan secara utuh dari Jepang oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Wake sendiri meluncur perdana setahun sebelumnya. Hadir sebagai sebuah Kei Car atau mini passanger car, Wake memiliki beberapa kelebihan di balik dari dimensinya yang terlihat mungil.

Pertama dari tongkrongan depannya yang bisa dibilang lucu dan menarik perhatian. Desain kotak yang sering diolok-olok mirip "kotak sabun" memang menjadi salah satu ciri khas Kei Car.

Untuk dimensi keseluruhan, Daihatus Wake memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.835 mm, jarak antar roda depan dan belakang 2.455 mm, serta ground celarance 140 mm. Kebetulan untuk unit yang kami gunakan merupakan edisi custom dari pabrikan, sehingga pelek pun sudah dibalut dengan BBS berdimensi 15 inci.

Daihatsu Wake, Kei Car asal Jepang yang punya paras unik.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Wake, Kei Car asal Jepang yang punya paras unik.

Namun, Daihatsu rupanya cukup piawai mengemasnya menjadi lebih menarik. Mulai dari headlamp yang sudah menggunakan LED lengkap DRL berbentuk huruf "U", sampai aksen gril lebar berlapis krom yang membentang diantara lampu utama.

Sementara untuk lower bumper sendiri, dilapis dengan warna putih yang dibuat minimalis dan menjadi rumah untuk lampu kabut pada bagian kiri-kanannya. Sebagi pemanis, rumah foglamp juga diberikan sentuhan krom.

Baca juga: Pangsa Pasar Naik, Sigra Masih Jadi Primadona Daihatsu

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X