Pantangan Merawat Motor dengan Cat Airbrush

Kompas.com - 01/07/2020, 12:22 WIB
Komunitas Airbrush Indonesia di ajang Tumplek Blek 2016 Otomania/Setyo AdiKomunitas Airbrush Indonesia di ajang Tumplek Blek 2016

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat bodi sepeda motor yang sudah berlapis cat airbrush tidak bisa sembarangan. Sebab kalau tidak benar justru akan membuat cat airbush menjadi kusam.

Yoni Ismail dari Yonz Art di Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, cara merawat motor yang memakai airbrush ialah jangan terlalu sering dipoles karena membuat lapisan pernis terkikis.

"Sebagus apapun pernisnya, jika setiap kali motor dicuci terus dipoles, pasti akan cepat pudar. Cukup lakukan pemolesan dua bulan sekali," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Sabun Bayi Bisa Dipakai untuk Merawat Interior Mobil, Begini Caranya

Salah satu fairing motif airbrush yang dijual di salah satu toko di sentra aksesori di Otista, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (5/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu fairing motif airbrush yang dijual di salah satu toko di sentra aksesori di Otista, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (5/3/2018).

Yoni mengatakan, merawat motor yang sudah diairbrush cukup dengan mencuci pakai shampo khusus mobil atau motor. Jangan pakai sabun cuci piring atau sabun colek karena bisa merusak cat.

"Jika tidak dirawat, paling hanya bertahan satu tahun, kalau dirawat bisa tiga kali lipat. Perawatannya mudah, cukup cuci dengan shampoo khusus sepeda motor," kata Yoni.

Chocky, pemilik Autodeptsideworks, Meguiars Indraprasta Bogor, mengatakan, sabun cuci piring memiliki karakter senyawa yang keras dan dapat merusak cat.

Baca juga: Jangan Dengarkan Musik Saat Naik Motor, Ini Bahayanya

Salah satu motif cat airbrush yang dikerjakan oleh ARM MotorAditya Maulana, Otomania Salah satu motif cat airbrush yang dikerjakan oleh ARM Motor

Pilih Sabun

Oleh karena itu sebaiknya menggunakan sampo yang khusus. Adapun yang perlu diperhatikan ketika memilih sampo adalah kadar pH dan silikonnya.

“Kalau sampo yang bagus untuk mobil itu yang kadar pH nya diatas 7 dan kandungan silikonnya minimal 60 persen, kalau di bawah itu biasanya kurang bagus,” ucap Chocky.

Kadar silikon yang sedikit bisa dilihat ketika kita menyabuni bodi, sebelum disiram sabun sudah mengering, lalu ketika dibilas bodi jadi kering. Sampo dengan kadar silikon tinggi ketika dibasuh air akan licin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X