Bukan Hiasan, Ini Fungsi Hand Grip pada Kabin Mobil

Kompas.com - 25/06/2020, 09:42 WIB
Fungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatan techlifegeek.comFungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada umumnya, kabin mobil memiliki pegangan tangan atau hand grip pada setiap barisnya, mulai dari penumpang depan, sampai ke bagian belakang. Namun, sebenarnya apa fungsi dari hand grip ini?

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi mengatakan, fungsi dari hand grip di mobil yaitu sebagai alat bantu penumpang untuk keluar atau masuk kendaraan.

Hand grip biasanya dipakai sebagai akses masuk atau keluar mobil agar lebih mudah,” kata Anjar saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bocoran Wujud Wuling Victory yang Jadi Rival Toyota Innova

Ilustrasi Hand Grip di interior mobilrakuten.com Ilustrasi Hand Grip di interior mobil

Begitu juga yang dikatakan Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia. Sony mengatakan, “Adanya hand grip sangat membantu bagi orang yang kesulitan keluar masuk kendaraan. Hand grip di plafon dan di pintu dapat menjadi tumpuan untuk akses ke kabin mobil.” 

Selain memudahkan orang untuk masuk ke kabin mobil, hand grip berfungsi untuk menjaga keseimbangan posisi duduk penumpang ketika mobil berjalan. 

Baca juga: Begini Alur dan Biaya Perpanjangan SIM di Layanan Keliling

“Tangan yang bertumpu pada hand grip saat mobil berjalan boleh saja, tetapi lebih aman untuk bertumpu pada sabuk pengaman,” ujar Sony.

Saat mobil terbalik atau tabrakan, tangan yang terbiasa bertumpu pada hand grip lebih besar kemungkinannya untuk cedera. Sedangkan jika bertumpu di sabuk pengaman dan tangan merapat ke dada, bisa lebih aman saat kecelakaan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X