Perhatikan Ini Jika Ingin Pasang Rak Sepeda di Mobil

Kompas.com - 23/06/2020, 11:12 WIB
Ilustrasi membawa sepeda menggunakan rak sepeda (bike rack) PinterestIlustrasi membawa sepeda menggunakan rak sepeda (bike rack)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan bersepeda semakin ramai dilakukan belakangan ini. Tak sedikit orang membawa sepeda menggunakan mobil yang sudah dipasang rak khusus atau bike rack.

Meskipun rak tersebut memang dibuat khusus untuk membawa sepeda, namun tetap ada dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan alat tersebut dari sisi teknis.

Baca juga: Ini Cara Paling Aman Bawa Sepeda Menggunakan Mobil

Didi Ahadi, Techical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, karena yang kebanyakan dijual adalah barang aftermarket atau universal, memang harus dilihat saat pemasangannya. Apakah posisinya dapat merusak bodi atau tidak.

Ilustrasi membawa sepeda menggunakan rak sepeda (bike rack)Pinterest Ilustrasi membawa sepeda menggunakan rak sepeda (bike rack)

"Untuk pemasangan rak sepeda di atas atau di atap, biasanya berat maksimum 75 kilogram bebannya. Paling penting adalah segi safety, jangan sampai lepas atau patah," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, kalau pemasangan di atas, pasti mempengaruhi berkurangnya aerodinamika mobil. Sedangkan rak sepeda yang di belakang, pasti juga ada beban maksimumnya.

Baca juga: Plus Minus Bawa Sepeda Pakai Rak Khusus di Mobil

"Untuk rak sepeda yang ditempatkan di belakang, sebaiknya jangan sampai menutupi lampu-lampu mobil di bagian belakang," kata Didi.

Menurut Didi, untuk mobil jenis SUV atau MPV, sebaiknya tidak menggunakam rak sepeda yang ditempatkan di atas. Sebab, posisi sepeda menjadi terlalu tinggi dan akan lebih berbahaya.

"Kalau mobil sedan bebas saja ditempatkan di mana. Namun, kalau di belakang jangan sampai menutupi lampu belakang," ujar Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.