Hitungan Ekonomis Perawatan Ignis Facelift Selama 5 Tahun

Kompas.com - 20/06/2020, 13:22 WIB
Suzuki Ignis facelift KOMPAS.com/SETYO ADISuzuki Ignis facelift
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas perubahan desain dan menjajal sensasi berkendara Suzuki Ignis facelift, giliran mengulik mengenai biaya kepemilikannya. Terutama dalam hal perawatan selama lima tahun pemakaian.

Ketika mengkonfirmasikan hal ini, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha mengatakan, bila Ingis facelift dan model sebelumnya secara biaya perawatan masih tetap sama, alias tidak ada penambahan biaya apapun.

"Sama dengan model sebelumnya, karena dari segi teknis dan suku cadangnya itu tidak ada yang berubah. Jadi poinnya untuk ongkos perawatan tidak berbeda dan tak ada perubahan," ucap Riecky kepada Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Baca juga: Impresi Suzuki Ignis Facelift 2020, Apa Saja yang Berbeda?

Menurut Riecky, secara hitungan garis besar perawatan berkala Ignis selama 0-50.000 km atau yang bisa untuk pemakaian dua sampai tiga tahun sebesar Rp 2.289.700.

Suzuki Ignis faceliftKOMPAS.com/SETYO ADI Suzuki Ignis facelift

Sementara untuk perawatan dengan jarak tempuh 60.000 hingga 100.000 km atau lima tahun pemakaian, sebesar Rp 4.832.600.

Dengan rincian garis besar tersebut, bila diakumulasi hingga 100.000 km atau hingga lima tahun kepemilikan, biaya perawatan mobil buatan India ini menghabiskan dana sekitar Rp 7.122.300.

"Hitunganya seperti itu tapi dengan catatan bila hal itu biaya perawatan berkala saja, seperti pergantian oli, filter, dan lain-lainnya. Tidak termasuk dengan adanya kerusak, atau pergantian part yang habis terpakai, contohnya seperti kampas rem dan lainnya," kata Riecky.

Baca juga: Jajal Manuver Suzuki Ignis 2020 di Dalam Kota

Suzuki Ignis faceliftKOMPAS.com/SETYO ADI Suzuki Ignis facelift

Bila dirinci lebih detail lagi, estimasi pemakaian Ignis hingga 100.000 km atau selama lima tahun, konsumen hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp 118.705 tiap bulannya, dengan asumsi total biaya dibagi dengan jumlah bulan selama lima tahun.

Sedangkan bila ingin mendapatkan hitugan per hari untuk menabung perawatannya, tinggal dibagi per 30 hari. Hasilnya, paling tidak pemilik Ignis bisa menyisihkan dana tiap hari sekitar Rp 4.000 untuk perawatan Ignis.

Dari segi kepemilikan, sebenarnya cukup terjangkau. Karena itu, Riecky mengingatkan konsumen Ignis agar tetap melakaukan perawatan rutin di jaringan bengkel resmi Suzuki.

Baca juga: Intip Dalaman Interior Ignis 2020

Suzuki Ignis faceliftKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki Ignis facelift

"Dengan demikian, konsumen akan terjamin karena menggunakan suku cadang asli yang sudah teruji dari kualitas dan daya tahannya, serta ikut menjaga garansi kendaraan dan memperpanjang usia pakai kendaraan," ucap Riecky.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X