Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Penipuan Servis Gratis Berkedok Suzuki Peduli Covid

Kompas.com - 18/06/2020, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar informasi hoaks soal penawaran perawatan mobil gratis atas nama PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui situs s.id/SuzukiPeduliCovid.

Program penipuan itu dikirimkan melalui pesan berantai atau broadcast massage untuk tujuan yang tak bisa dipertanggunjawabkan.

Menanggapi kondisi tersebut, PT SIS melalui keterangan resminya menyatakan bahwa program tersebut sepenuhnya bukan berasal dari Suzuki Indonesia. Dengan demikian, setiap informasi yang terdapat di dalamnya adalah hoaks.

Baca juga: Siapa Sih yang Masih Sanggup Beli Mobil saat Pandemi Begini?

Riecky Patrayudha, 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS, mengatakan, bila Suzuki tak pernha mengeluarkan program berupa Suzuki Peduli Covid yang menawarkan perawatan mobil gratis dengan mengisi sejumlah data penting.

Layanan perawatan di rumah Suzuki alami peningkatanSIS Layanan perawatan di rumah Suzuki alami peningkatan

"Kami menduga ini adalah penipuan untuk mengumpulkan data konsumen karena SIS tak pernah mengeluarkan program tersebut. Kami selalu menginformasikan setiap program melalui surat resmi kepada semua diler, website, maupun media sosial," ujar Riecky dalam keterangan resminya, Rabu (17/6/2020).

"Untuk itu, pada Selasa (16/06) kami telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika," kata dia.

Menurut Riecky, pelaku yang mengirimkan pesan berantai soal hoaks Suzuki Peduli Covid menawarkan perawatan mobil secara gratis.

Baca juga: Mitsubishi dan Suzuki Salip Penjualan Toyota pada Mei 2020 

Mulai dari pergantian oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, checkup 32 part, bahkan sampai iming-iming gratis masker dan hand sanitizer.

Namun, sebelumnya konsumen diminta terlebih dahulu mengisi sejumlah data penting, seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat e-mail, dan lain sebagainya.

Hoaks Suzuki Peduli Covid tawarkan servis gratisSIS Hoaks Suzuki Peduli Covid tawarkan servis gratis

Riecky menjelaskan bahwa semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada situs www.suzuki.co.id serta media sosial Suzuki.

Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan bebas pulsa 24 jam yang bisa dimanfaaktan konsumen Suzuki untuk memastikan setiap program yang ditawarkan Suzuki.

"Kami harap konsumen kami tidak mudah tertipu dengan pesan hoaks tersebut," ujar Riecky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com