Jangan Sepelekan Fungsi Penting Jalu Setang Motor

Kompas.com - 18/06/2020, 15:02 WIB
Stabilizer Setang Foto: KaskusStabilizer Setang

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap motor yang keluar dari pabrikan umumnya dilengkapi dengan stabilizer pada bagian ujung setang, atau yang sering disebut dengan jalu setang.

Tidak sedikit pengemudi yang berpikir bahwa komponen ini hanya berfungsi sebagai aksesori penambah estetika motor. Padahal, stabilizer setang memiliki fungsi yang cukup penting.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, fungsi utama dari stabilizer atau jalu setang adalah untuk menjaga kestabilan kemudi setang akibat getaran dari jalan.                                 

Baca juga: Mau Hemat Urus Mobil, Jaga Rem Mobil Saja Dulu     

Ilustrasi berkendaraOtomania/Setyo Adi Ilustrasi berkendara

“Selain itu, stabilizer juga berfungsi untuk meredam getaran setang kemudi dan mengurangi dampak pada motor saat kecelakaan,” ujar Ribut kepada Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Baca juga: Ini yang Menyebabkan Pembeli Mobil Baru Harus Menunggu Lama Pelat Nomor   

Ketika motor terjatuh, komponen tersebut akan menumpu pada aspal atau permukaan jalan. Sehingga, meminimalisir kerusakan pada komponen setang kemudi langsung atau bodi motor.

Stabilizer setang ini akan menjadi tumpuan saat motor terjatuh, jadi tuas gas tidak tertarik atau tertahan saat motor dalam posisi terjatuh,” katanya.  

Sayangnya, tak banyak pemilik motor yang paham akan fungsinya. Saat mengganti setang atau stabilizer copot, jarang dari pemilik motor yang akan menggantinya dengan yang baru.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X