Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan PSBB Transisi, Jasa Marga Klaim Volume Kendaraan Masih Turun

Kompas.com - 17/06/2020, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Selama satu pekan (8-14/6/2020) memasuki periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di wilayah DKI Jakarta, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mencatat arus lalu lintas harian rata-rata sebesar 100.400 kendaraan.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Timur, Barat, dan Selatan. Bila dibandingkan dengan volume lalu lintas pada Februari 2019 lalu, atau sebelum wabah Covid-19 ramai, penurunannya sebesar 19 persen.

"Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 43 persen dari arah Timur, 33 persen dari arah Barat dan 24 persn dari arah Selatan," ujar Corporate Communicatioan & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, dalam keterangan resminya, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Pengguna Kendaraan yang Lupa Bawa SIM Tetap Kena Tilang?

Untuk lalu lalu lintas kendaraan dari arah Timur menuju Jakarta berasal dari dua Gerbang Tol, yakni Cikampek Utama dan Kalihurip Utama. Jasa Marga mencatat sebanyak 23.258 kendaraan masuk ke Jakarta setelah meninggalkan ruas Tol Trans Jawa dari Cikampek Utama 2, jumlah ini turun 14 persen dari Februari lalu.

Suasana kendaraan terjebak macet di Jl. Gatot Subroto dan Tol Cawang-Grogol di Jakarta Selatan, Senin (8/6/2020). Pada hari pertama  orang masuk kantoran dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, lalu lintas di sejumlah jalan di DKI Jakarta terpantau padat hingga terjadi kemacetan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana kendaraan terjebak macet di Jl. Gatot Subroto dan Tol Cawang-Grogol di Jakarta Selatan, Senin (8/6/2020). Pada hari pertama orang masuk kantoran dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, lalu lintas di sejumlah jalan di DKI Jakarta terpantau padat hingga terjadi kemacetan.

Sementara untuk kendaraan yang dari Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi yang masuk melewati Kalihurip Utama 2 menuju Jakarta, jumlahnya sebesar 20.232 kendaraan dengan penurunan 30 persen. Dengan demikian, total penurunan kendaraan dari arah Timur menuju Jakarta dibandingkan bulan kedua 2020 sebesar 23 persen.

Untuk arah Barat, Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari Gerbang Tol Cikupa sebanyak 33.149 kendaraan. Jumlah tersebut turun hingga 20 persen dari jumlah lalu lintas harian di Februari.

Baca juga: Persiapan New Normal, Jasa Marga Siapkan Transaksi Tol Tanpa Berhenti

Sementara arah Selatan, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui Gerbang Tol Ciawi 2 tercatat sebanyak 23.761 kendaraan, atau turun sembilan persen dibandingkan data pada Februari.

Jumlah kendaraan yang berasal dari GT Cikampek Utama sebanyak 5.117 uni atau Jakarta, turun sebesar 93 persen dari Lebaran tahun 2019. Dok. Jasa Marga Jumlah kendaraan yang berasal dari GT Cikampek Utama sebanyak 5.117 uni atau Jakarta, turun sebesar 93 persen dari Lebaran tahun 2019.

"Sebelumnya pada periode PSBB tanggal 13-19 April 2020, Jasa Marga mencatat sebanyak 70.570 kendaraan menuju Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan. Jumlah ini pun turun 43 persen," ucap Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com