Saat New Normal, Seberapa Sering Idealnya Mencuci Mobil?

Kompas.com - 16/06/2020, 13:42 WIB
Mencuci Mobil di Autoglaze KOMPAS.com / Aditya MaulanaMencuci Mobil di Autoglaze
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan kendaraan pribadi seperti mobil, wajib dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini. Cara ini salah satunya untuk mencegah penyebaran virus Corona di masa new normal.

Menjaga kebersihan ini salah satunya adalah dengan rutin mencucinya, baik di bagian eksterior maupun membersihkan interiornya.

Pada masa menuju tatanan kehidupan baru, protokol kesehatan wajib dipatuhi oleh setiap warga untuk menghindari terjangkit virus mematikan tersebut.

Untuk masalah mencuci mobil, sebenarnya idealnya seberapa sering dilakukan agar mobil benar-benar terjaga kebersihan dan kesehatannya?

Baca juga: Catat, Bebas Denda Pajak Kendaraan di Jatim Berakhir Akhir Juli 2020

Pemilik bengkel spesialis interior mobil, Vertue Concept Edy mengatakan, mencuci mobil perlu dilakukan dengan melihat kondisi mobil.

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Jika mobil dalam kondisi sudah kotor sebaiknya segera dicuci, tetapi menurunya yang lebih prioritas dalam kondisi seperti ini adalah menjaga kebersihan bagian interiornya.

“Mencuci mobil itu tergantung dengan tingkat kekotorannya, kalau mencuci bagian interior itu lebih penting karena menjaga kebersihan di dalamnya,” ujar Edy kepada Kompas.com, Selasa (17/6/2020).

Sehingga, Edy menambahkan, jika bagian luar mobil yang tidak terlihat kotor tidak perlu dicuci.

Tetapi, untuk membersihkan bagian interior kendaraan roda empat itu menjadi hal yang wajib dilakukan di masa normal baru.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Rp 150 Jutaan, Terios-Rush Tahun Muda sampai CR-V

“Untuk membersihkan bagian interior mobil itu bisa tiga sampai empat kali sehari, kalau untuk mencuci kalau terlihat kotor saja,” katanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X