Naik Ojol Masa PSBB Transisi, Inget Harus Bawa Helm Sendiri

Kompas.com - 09/06/2020, 11:22 WIB
Pengemudi ojek online dengan penumpangnya melintas di Kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pengemudi ojek online beroperasi untuk mengangkut penumpang selama PSBB transisi dengan menerapkan protokol kesehatan. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengemudi ojek online dengan penumpangnya melintas di Kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pengemudi ojek online beroperasi untuk mengangkut penumpang selama PSBB transisi dengan menerapkan protokol kesehatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ojek online (ojol) resmi dizinkan untuk kembali mengangkut penumpang mulai Senin (8/6/2020). Tapi ingat, penumpang selama masa PSBB transisi ini, wajib membawa helm sendiri.

Meski sempat dilarang beroperasi karena pandemi virus Covid-19, kini seluruh pelanggan ojol di Jakarta sudah bisa menikmati kembali transportasi ini.

Selain itu, penumpang wajib menggunakan masker. Atas kondisi ini, tidak sedikit masyarakat yang menggunakan jasa ojol, pada akhirnya memutuskan untuk membeli helm baru.

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli helm.

Baca juga: Jadi Sopir Truk Jangan dari Kenek yang Naik Pangkat

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan, syarat utama yang harus dimiliki helm yakni sudah memenuhi standar keselematan.

Helm Arai yang bisa digunakan untuk wanita yang ada di RC MotogarageKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Helm Arai yang bisa digunakan untuk wanita yang ada di RC Motogarage

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Paling penting harus SNI, dan memiliki strap yang kuat. Sebab, hal tersebut sangat berpengaruh pada keamanan saat menggunakan helm,” ujar Agus kepada Kompas.com.

Agus melanjutkan, untuk pembonceng sebaiknya gunakan helm yang tidak memiliki tudung di depannya.

“Tujuannya agar ketika sedang berkendara bagian tersebut tidak sering terbentur ke helm pengemudi,” katanya.

Baca juga: Manfaat Pakai Roof Box Mobil dari Sisi Keselamatan

Sementara itu, Store Manager RSV, Aldi Kusuma Wijaya, mengatakan, helm open face atau yang biasa dikenal dengan half face sudah cukup aman dan nyaman untuk para boncenger.

“Untuk mereknya bervariasi, kalau lokal ada RSV, KTY, atau NHK, variasi harganya mulai dari Rp 300 ribu hingga jutaan. Kalau untuk yang premium ada Arai, atau Shoei, untuk harganya mulai dari Rp 2 juta,” kata Aldi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.