Ganjil Genap untuk Motor Masih Tunggu Arahan dari Anies

Kompas.com - 08/06/2020, 08:16 WIB
Hari pertama penerapan ganjil genap di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2019) KOMPAS.COM/WALDA MARISONHari pertama penerapan ganjil genap di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2019)
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta berencana menerapkan aturan ganjil genap ( gage) untuk sepeda motor, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di masa transisi.

Kebijakan ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB masa transisi menuju masyarakat sehat, aman, dan produktif.

Dengan adanya aturan tersebut nantinya, pembatasan kendaraan tidak hanya berlaku untuk kendaraan pribadi roda empat saja tetapi juga roda dua.

Hanya saja kapan aturan tersebut mulai diberlakukan belum ada kejelasan sampai saat ini. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, untuk hari ini aturan gage sepeda motor tersebut belum berlaku.

Baca juga: Boleh Angkut Penumpang Lagi, Ojek Online Terapkan Protokol Kesehatan

"Masih menunggu teknis penerapannya seperti apa, tunggu aturannya dulu dari Gubernur," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/6/2020).

Rambu larangan di kawasan pemberlakuan sistem ganjil genap di Jakarta Timur, Senin (12/8/2019).DEAN PAHREVI/KOMPAS.com Rambu larangan di kawasan pemberlakuan sistem ganjil genap di Jakarta Timur, Senin (12/8/2019).

Sambodo menambahkan, sebelum aturan tersebut diberlakukan pastinya akan ada pembahasan lebih lanjut yang melibatkan pihak-pihak terkait.

Hal ini untuk memastikan mengenai teknis penerapan aturan pembatasan kendaraan di tengah PSBB masa transisi ini.

"Nanti akan ada pembahasan lagi, belum ada teknisnya seperti di ruas mana saja aturan itu akan diterapkan," tuturnya.

Kemudian, lanjut Sambodo, apakah aturan tersebut untuk membatasi kendaraan atau diberlakukan selama PSBB transisi ini.

Baca juga: Cara Benar Mengoperasikan Electric Starter pada Motor

"Untuk penerapannya juga nanti mulai dari pukul berapa sampai berapa belum ada teknisnya," katanya.  

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X