Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Mudah Tertipu, Pahami Perbedaan Kaca Film Asli dan Palsu

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sudah banyak beredar kaca film palsu yang dijual di pasaran. Terutama untuk salah satu merek yang cukup marak di kalangan konsumen.

Sebelum memutuskan untuk membeli, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu agar tidak tertipu. Owner Authorized 3M Dealer Kedoya, Martin, memberikan beberapa tips mudah yang bisa di terapkan ketika ingin memilih kaca film.

“Sebenarnya, kalau untuk orang awam pasti akan sulit membedakan. apalagi untuk 3M ini banyak beredar yang palsu di pasar. Cara paling mudah untuk membedakannya bisa dilihat dari logonya. Kalau yang asli font nya tidak begitu besar, dan pixelnya juga rapih,” ujar Martin saat dihubungi Kompas.com.

Martin melanjutkan, sedangkan untuk kaca film yang palsu font-nya itu lebih besar dan pixel nya terlihat seperti yang dipaksakan. Jadi ketika di print nya nantinya akan pecah.

Selain dari font, kaca film yang asli dan palsu juga memiliki perbedaan bahan yang cukup signifikan.

“Kalau dari segi bahan yang asli itu lebih kaku, lebih tebal. Dari segi suara juga beda, kalau kita tekuk suaranya lebih padat. Sedangkan, kalau yang palsu bahannya lebih tipis, seperti kantong plastik kresek. Suaranya pun juga lebih renyah,” kata Martin.

Untuk lebih memastikannya lagi, Martin menjelaskan, ada alat khusus untuk tes keaslian dari kaca film itu sendiri yaitu Transmission Metter. Dengan alat tersebut kita bisa mengetahui kualitas kaca film mulai dari tingkat kebeningan hingga kemampuan kaca film menolak panas sinar matahari.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/12/074200915/jangan-mudah-tertipu-pahami-perbedaan-kaca-film-asli-dan-palsu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke