76 Diler Mitsubishi Kantongi Izin Beroperasi di Tengah PSBB

Kompas.com - 11/05/2020, 19:11 WIB
Peresmian diler Mitsubishi, PT Lautan Berlian Utama di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/9/2019) MMKSIPeresmian diler Mitsubishi, PT Lautan Berlian Utama di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/9/2019)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKATA, KOMPAS.com - Dampak dari pandemi corona ( Covid-19) membuat pemerintah memberlakukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di beberapa wilayah. Akibatnya, banyak sektor usaha yang terpaksa tutup, termasuk diler dan bengkel mobil.

Namun demikian, Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) rupanya memberikan kelonggaran bagi sebagai agen pemegang merek (APM) untuk tetap mengoperasikan diler dan layanan bengkel dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Salah satunya pada jaringan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang saat ini sudah mulai mengerakkan roda binis di layanan purna jualnya.

Baca juga: Banyak Begal Pecah Kaca, Simak Tips Aman Menyimpan Barang di Mobil

Menurut Ronald Reagen, Head of After Sales Planning & Marketing Department MMKSI, saat ini sudah ada 76 diler yang mulai kembali beroperasi usai mengantongi izin dari Kemenperin.

Peresmian diler Mitsubishi, PT Lautan Berlian Utama di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/9/2019)MMKSI Peresmian diler Mitsubishi, PT Lautan Berlian Utama di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/9/2019)

"Saat ini sudah ada beberap diler resmi yang mulai beroperasi, di region satu (Jabodetabek dan Jabar) ada 52 diler, region dua ( Jateng, Jatim, Bali) sembilan diler dan satu 1 diler sedang menunggu izin, sementara di region tiga (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, IBT) ada 15 diler dan dua sedang proses izin," ucap Ronald kepada media dalam diskusi virtual, Senin (11/5/2020).

Meski demikian, Ronald mengatakan dari sisi aktivitasnya tetap berpedoman mengikuti regulasi yang telah ditetapkan Kemenperin.

Tenaga kerja diler juga wajib mengenakan masker, jaga jarak, serta membatasi karyawan yang masuk serta aktivitas lainnya. Karena itu, Ronald menjelaskan bagi konsumen yang ingin melakukan perawatan di diler, baiknya harus melakukan pemesanan atau booking lebih dulu.

Kondisi tersebut dianggap penting agar diler bisa menyiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan termasuk juga untuk suku cadang yang dibutuhkan.

Baca juga: Mulai Beroperasi, Tarif Bus AKAP Langsung Melambung

"Diler beroperasi normal, tapi man power kita batasi. Karena itu, baiknya booking dulu saat akan melakukan servis atau perbaikan agar bisa disiapkan pihak diler. Tapi kalau mau memanfatkan home service bagi masyarakan yang takut keluar juga bisa dilakukan untuk perawatan ringan dan servis berkala 10.000 km," ucap Ronald.

Mitsubishi siapkan layanan home service di tengah pandemi coronaMMKSI Mitsubishi siapkan layanan home service di tengah pandemi corona

"Untuk pick up service bisa dilakukan penjemputan juga, tapi metodenya ini lebih kepenanganan yang membutuhkan pebaikan di bengkel, jadi mobil konsumen akan dijemput oleh teknisi Mitsubishi. Semua perbaikan dan bila ada pergantian part akan dikonfirmasikan lebih dulu ke konsumen," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X