Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Mudah Cegah Bensin Basi di Tangki Motor Saat PSBB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat pemakaian kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor menurun di sejumlah wilayah Indonesia.

Buat yang mengikuti anjuran pemerintah, yakni menjaga diri diam di rumah bukan berarti motor lepas dari tanggu jawab, sebab roda dua tetap harus dirawat agar kondisinya prima.

Salah satu cara merawat motor saat PSBB yaitu mengecek kualitas bensin. Jangan sampai bensin di tangki basi terjadi karena terlalu lama mengendap di dalam tangki. 

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS, Cibinong dan Megamendung, mengatakan bensin basi bisa terjadi di sepeda motor, tapi tidak instan, cara menangkalnya cukup mudah.

"Isi bahan bakar penuh, dan jangan biarkan mengendap di tangki terlalu lama. Caranya yaitu usahakan panaskan motor setiap hari, minimal bensin di tanki bisa terkonsumsi oleh kendaraan," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain soal bensin basi, dianjurkan isi bensin penuh supaya tangki tidak mudah berkarat. Tangki kosong dan banyak udara akan mengalami kondensasi atau pengembunan.

Air merupakan salah satu faktor yang membuat kimiawi bensin berubah, serta tangki jadi berkarat, yang mana partikel karat bisa ikut bercampur dengan bensin.

"Salah satu timbul karat di dalam tangki karena penggunaan bahan bakar yang kurang bagus dan karena penyimpanan bahan bakar di dalam tangki tidak seimbang dengan penggunaan motor," katanya.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, menambahkan, untuk itu cara mencegah bensin basi ialah mengisi bensin penuh atau sebaliknya dikosongkan.

"Oleh karenanya, tangki bahan bakar diusahakan harus dalam keadaan penuh ketika kendaraan ditinggalkan lama. Atau sebaliknya, dikosongkan," katanya kepada Kompas.com.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/06/091200115/begini-cara-mudah-cegah-bensin-basi-di-tangki-motor-saat-psbb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke