Masa Pandemi, Toyota Indonesia Tetap Berencana Meluncurkan Produk Baru

Kompas.com - 06/05/2020, 07:02 WIB
Logo Toyota yang terpasang di bagian depan salah satu produknya. Stanly/KompasOtomotifLogo Toyota yang terpasang di bagian depan salah satu produknya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak yang ditimbulkan oleh pandemi virus corona alias Covid-19 terhadap industri dan bisnis otomotif dalam negeri cukup dalam.

Tidak hanya membuat kinerja produksi dan pemasaran kendaraan bermotor turun, keputusan strategis yang bersifat jangka menengah pun terpaksa mengalami penyesuaian. Misalnya, peluncuran produk baru.

Terlebih saat ini dua pameran otomotif besar mengalami penundaan penyelenggaraan, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 dan Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2020.

Baca juga: Pameran GIIAS 2020 Resmi Diundur

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

"Walau demikian, kita masih ada rencana untuk meluncurkan beberapa model baru dan perubahan-perubahan baru. Tapi dengan situasi seperti ini, kita harus lihat kembali terutama pada kondisi market," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam kesempatan bincang-bincang di kanal Instagram, Selasa (5/5/2020).

Apalagi, lanjut dia, pada peluncuran produk baru dibutuhkan persiapan yang cukup panjang. Sementara dalam kondisi saat ini, berbagai aktivitas mengalami perubahan termasuk komunikasi.

"Launching merupakan bagian strategi. Tentu, kita harus berpikir ulang bagaimana hal-hal yang berkaitan dengan itu bisa disesuaikan dengan keadaan terkini. Misalnya, launching secara virtual, sebagaimana yang kita lakukan kemarin pada Agya," ucap Anton.

Baca juga: Banderol Toyota Yaris dan Kia Rio Naik Jelang Lebaran

Sejumlah sales promotion girl (spg) berpose di samping salah satu mobil dari Toyota saat pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019  diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah sales promotion girl (spg) berpose di samping salah satu mobil dari Toyota saat pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019 diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.

"Yah, kita siapkan seluruhnya. Jadi jangan khawatir. Ketika sudah selesai (dirampungkan), pasti akan dikabarkan," katanya lagi.

Terkait pameran otomotif tahun ini yang mundur sampai kuartal IV, Anton tidak berkomentar banyak. Namun diakui bahwa kehadirannya sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis.

"Sebuah exhibition seperti IIMS dan GIIAS itu merupakan kesempatan memperkenalkan produk baru dan masa depan, serta interaksi dengan konsumen lebih luas. Mudah-mudahan pandemi selesai saat pelaksanaan kembali pameran, karena sulit untuk dibayangkan kalau belum recover," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X