Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Kasih Cashback, Harga BBM di Malaysia Rp 4.300 per Liter

Kompas.com - 04/05/2020, 03:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Turunnya harga minyak dunia karena imbas pandemi Covid-19, ternyata belum membuat harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia mengalami penyesuaian harga.

Dalam konferensi video (30/4/2020), Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, menjelaskan, penentuan harga BBM Pertamina menggunakan patokan harga minyak global dua bulan ke belakang.

Artinya dalam menentukan harga BBM untuk bulan April, Pertamina mengacu harga minyak pada Februari. Dan pada bulan tersebut, menurut Nicke, harga crude oil masih berada di kisaran 50 dolar AS per mmbtu.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan McLaren di Jagorawi Hingga Mobil Hancur

Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Nicke Widyawati. KOMPAS.com/Hendra Cipto Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Nicke Widyawati.

Meski belum menurunkan harga BBM secara resmi, Pertamina saat ini hanya memberikan diskon berupa cashback 30 persen untuk pembelian Pertamax Series.

Promo ini berlaku hingga 23 Mei 2020, dan bisa didapatkan oleh 2.000 konsumen pertama tiap harinya. Caranya dengan melakukan pembelian lewat LinkAja dari aplikasi My Pertamina.

Untuk diketahui, semenjak Februari lalu harga minyak dunia secara perlahan mengalami penurunan. Dan penurunan paling drastis terjadi pada pertengahan Maret.

Baca juga: Lagi, Supercar Kecelakaan di Tol Jagorawi, Bodi Ringsek Parah

Ilustrasi SPBU Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.Lim Huey Teng Ilustrasi SPBU Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.

Berkaca dari negara lain, ternyata Pemerintah Malaysia sudah mengumumkan penurunan harga BBM sejak awal April 2020.

Dilansir dari Paultan, harga BBM RON 95 dihargai RM 1,25 atau setara Rp 4.326 per liter. Sementara RON 97 dibanderol RM 1,55 atau sekitar Rp 5.365 per liter. Sedangkan untuk bahan bakar diesel dihargai sekitar RM 1,40 atau setara Rp 4.845 per liter.

Harga BBM yang turun ini juga menguntungkan orang-orang yang mulai beraktivitas kembali pada Senin 4 April 2020.

Baca juga: Siap-siap Sambut Honda CBR250RR 4-Silinder

Petugas menunjukkan nozzle dispenser yang telah dilengkapi Radio Frequency Identification Device (RFID) Reader pada acara simulasi ujicoba RFID di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 31.10202 di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2013). Ujicoba tersebut tersebut sebagai implementasi dari program sistem monitoring dan pengendalian BBM berbasis teknologi informasi.
KOMPAS/PRIYOMBODO Petugas menunjukkan nozzle dispenser yang telah dilengkapi Radio Frequency Identification Device (RFID) Reader pada acara simulasi ujicoba RFID di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 31.10202 di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2013). Ujicoba tersebut tersebut sebagai implementasi dari program sistem monitoring dan pengendalian BBM berbasis teknologi informasi.

Sesuai dengan keputusan Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin, yang mengizinkan sektor ekonomi dan kegiatan bisnis untuk kembali beraktivitas, namun dengan tetap menerapkan standar operasional prosedur (SOP) masa pandemi.

Harga BBM ini akan berlaku hingga 8 Mei mendatang, atau sampai pengumuman harga baru berikutnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Malaysia selalu memperbarui harga BBM secara berkala, dengan format mingguan. Harga BBM baru berlaku dari hari Sabtu hingga Jumat berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com