[POPULER OTOMOTIF] Bawa Pemudik, Sopir Travel Gelap Bisa Dipenjara | Nissan Kicks Bernapaskan GT-R

Kompas.com - 03/05/2020, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Praktik travel gelap yang mengangkut para pemudik semakin marak, di tengah larangan mudik oleh pemerintah.

Bahkan, praktik ilegal dengan membawa pemudik agar bisa pulang ke kampung halamannya ini dilakukan secara terang-terangan melalui media sosial Facebook.

Selain melanggar aturan mudik, para sopir yang mengendarai mobil dan mengangkut penumpang juga melanggar aturan karena tidak mengantongi izin.

Informasi menarik lainnya, yakni tentang Nissan yang sedang menyiapkan Kicks namun bernapaskan mobil sport legendarisnya, GT-R.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu 2 Mei 2020:

1. Nekat Selundupkan Pemudik, Sopir Travel Gelap Bisa Dipenjara

Sebuah mobil dijadikan travel gelap membawa penumpang rute Jakarta-Tasik saat PSBB ditangkap tim gabungan TNI, Polri di Pos Penjagaan Perbatasan Mangin, Kota Tasikmalaya, Kamis (30/4/2020) dini hari.KOMPAS.com/IRWAN NUGRAHA Sebuah mobil dijadikan travel gelap membawa penumpang rute Jakarta-Tasik saat PSBB ditangkap tim gabungan TNI, Polri di Pos Penjagaan Perbatasan Mangin, Kota Tasikmalaya, Kamis (30/4/2020) dini hari.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( LLAJ).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, bahwa travel gelap ini memanfaatkan mobil pribadi untuk mengangkut penumpang.

"Mereka ini bukan angkutan, tetapi mobil pribadi yang digunakan seperti travel sehingga tidak mempunyai izin,” katanya ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (1/5/2020).

Baca juga: Nekat Selundupkan Pemudik, Sopir Travel Gelap Bisa Dipenjara

2. Sewa Travel Gelap Jadi Modus Baru Pemudik untuk Kelabuhi Polisi

Mobil Daihatsu Grandmax yang dipakai travel gelap selama masa PSBB diamankan di Mako Polres Tasikmalaya Kota, Jumat (1/5/2020).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Mobil Daihatsu Grandmax yang dipakai travel gelap selama masa PSBB diamankan di Mako Polres Tasikmalaya Kota, Jumat (1/5/2020).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.