Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2020, 16:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi pada kendaraan segala medan/offroad, salah satunya, yaitu mengganti saluran udara standar dengan snorkel. Pemasangan komponen ini membuat lokasi air intake lebih tinggi, sehingga bisa melibas genangan air yang lebih dalam.

Selain membuat penampilan mobil menjadi lebih garang, memasang snorkel pada kendaraan juga ada konsekuensinya.

Julian Johan alias Jeje, Pebalap Offroad Nasional, mengatakan, penggunaan snorkel sedikit menurunkan performa kendaraan.

“Penurunan performanya memang tidak terlalu terasa, masih aman. Untuk orang yang senang offroad, tidak terlalu masalah dengan penurunan performanya, yang penting ketika melewati sungai, tidak mogok,” kata Jeje kepada Kompas.com, Sabtu (2/5/2020).

Baca juga: Yamaha XSR155 Flattracker, Tampilan Futuristis dengan Aura Klasik

Snorkel mobil 4X4Ivan Arif Snorkel mobil 4X4

Selain itu, saluran udara yang lebih tinggi, membuat proses udara masuk ke ruang mesin menjadi lebih lama sehingga kurang responsif. Apabila ingin mencari performa lebih bagus, bisa gunakan saluran snorkel yang lebih pendek.

“Kalau diibaratkan minum pakai sedotan, kalau sedotannya panjang, akan semakin berat kita menyedotnya. Sedangkan sedotan yang pendek, lebih enteng masuk ke mulut, begitu juga kalau di mesin,” ucap jeje.

Baca juga: Nissan Siapkan Kicks Bernapaskan GT-R

Selain itu, konsekuensi lainnya, air hujan bisa masuk ke mulut snorkel. Tapi untuk bagian dalam snorkel, ada berbagai model, ada yang melewati filter udara bawaannya, ada juga yang langsung masuk ke air intake.

“Kalau snorkel model ram yang menghadap ke depan, biasanya tidak langsung masuk ke air intake, melewati filter dahulu. Kalau yang model langsung ke air intake, biasanya menghadap ke belakang mulut snorkelnya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.