Mau Pasang Snorkel pada Mobil 4x4, Simak Ini Dahulu

Kompas.com - 02/05/2020, 09:02 WIB
Snorkel mobil 4X4 Ivan ArifSnorkel mobil 4X4

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi kendaraan 4x4 memiliki bisa menyentuh banyak bagian. Salah satunya yaitu saluran udara atau intake. Pada kendaraan untuk offroad, kadang ditemui wujud seperti cerobong yang ada di bagian depan mobil.

Cerobong tersebut disebut snorkel. Fungsi snorkel yaitu sebagai saluran udara masuk ke mesin. Penempatannya berada di fender depan lalu memanjang sampai ke pilar A. Menggunakan snorkel membuat intake mobil menjadi lebih tinggi.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, memasang aksesoris seperti snorkel pada kendaraan 4x4 bisa mengganti fungsi saluran udara standar dan berguna saat dipakai offroad atau melibas banjir.

Baca juga: Isi Bensin, Sebaiknya Keluar atau Tetap di Dalam Mobil?

Snorkel mobil 4X4Ivan Arif Snorkel mobil 4X4

“Fungsinya sama seperti saluran udara biasa dengan letak yang lebih tinggi. Selain itu, snorkel dibutuhkan untuk offroad sehingga saat melewati genangan air yang tinggi, tidak masuk ke mesin, menghindari water hammer,” ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (1/5/2020).

Udara yang masuk ke saluran snorkel, langsung menuju ke filter udara, setelah itu masuk ke ruang mesin. Pemasangan snorkel, pemilik harus melubangi fender dan pilar A agar udara dari atas bisa tersalurkan menuju filter udara.

Baca juga: Kenapa Isi Bensin Motor Harus Turun dan Pakai Standar?

Selain bermanfaat, ketika mobil menggunakan snorkel, tampilannya pun semakin gagah dengan adanya saluran udara yang memanjang ke atas. Ivan Arif, pemilik dari bengkel modifikasi mobil 4X4, Laksana Motor, mengatakan, snorkel termasuk aksesoris yang tidak terlalu mahal.

“Harga untuk snorkel, mulai dari Rp 4,5 juta paling mahal ada yang Rp 9 juta, untuk Land Cruiser VX 200. Jadi setiap model mobil, berbeda juga snorkelnya,” kata Ivan kepada Kompas.com.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X