Salin Artikel

Mengenal Clinica Mobile, Pertolongan Pertama Pebalap MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim medis merupakan bagian terpenting dalam sebuah balapan. Sebab, para tenaga medis ini yang akan memberikan pertolongan pertama untuk para pebalap yang mengalami kecelakaan atau membutuhkan bantuan medis apa pun.

Di MotoGP, tim medis ini disebut dengan Clinica Mobile. Didirikan oleh dr. Claudio Costa, yang memulainya dari ajang balap nasional di Italia pada era awal '70-an.

Namun, semua bermula dari ayahnya, Checco Costa, yang merupakan seorang pengatur ajang balap.

Dikutip dari clinicamobile.com, pada bulan April 1972, Checco Costa pernah mengatur balapan 200 mil pertama di Imola. Dia mengajak anaknya untuk memfasilitasi kebutuhan medis di ajang balap ini.

Sejak saat itu, dr. Claudio Costa sadar bahwa dia dan timnya memang ditakdirkan untuk jadi tim medis di ajang balap Grand Prix yang sekarang ini bernama MotoGP.

Tahun tersebut masih sulit untuk melakukan perjalanan. Jika ingin berpindah dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya, mereka harus menempuh jalur darat, air, maupun udara, sambil membawa perlengkapan medis.

Baru pada 1 Mei 1977, Clinica Mobile resmi mendapat tempat di paddock di sirkuit Salzburgring, Austria.

Pada masa itu, peralatan yang digunakan juga belum secanggih sekarang, baik peralatan medis atau peralatan pelindung pebalap. Banyak pebalap yang ditangani Clinica Mobile dengan cedera yang cukup parah.

Tapi, semua bisa dapat pertolongan pertama sebelum akhirnya dikirim ke rumah sakit terdekat yang punya fasilitas lebih lengkap.

Berawal dari klinik berjalan yang menggunakan kendaraan, kini di tiap sirkuit sudah dibangun klinik permanen untuk tim medis dengan peralatan dan perlengkapan yang menunjang. Klinik permanen ini pertama kali diresmikan di Jerez tahun 2002.

Meskipun tidak selengkap rumah sakit besar, tapi setidaknya Clinica Mobile siap memberikan pertolongan pertama untuk para pembalap yang mengalami kecelakaan di sirkuit.

Selama MotoGP digelar di satu sirkuit, Clinica Mobile akan siaga 24 jam. Mereka akan memberikan pengobatan untuk siapa aja yang membutuhkan. Bukan hanya pebalap saja yang bisa terima pengobatan dari Clinica Mobile, tapi semua yang bekerja di paddock, dan jurnalis pun juga bisa minta pertolongan ke mereka.

Bahkan, komentator yang mengeluh karena sakit tenggorokan pun juga akan ditangani.

Tak banyak yang tahu, bahwa Clinica Mobile juga sudah dilengkapi dengan helikopter ambulans. Helikopter ini vital fungsinya. Dorna dan FIM tidak akan mengizinkan ada pebalap yang turun ke sirkuit jika helikopter tidak mendapatkan izin terbang akibat cuaca buruk.

Kebijakan ini bermaksud untuk bisa mengantarkan pebalap ke rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas lengkap dengan cepat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/24/152400115/mengenal-clinica-mobile-pertolongan-pertama-pebalap-motogp

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.