Pahami Cara Menyalip Mobil di Jalan Tol Layang

Kompas.com - 24/04/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi menyalip. KOMPAS.com / StanlyIlustrasi menyalip.

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi mobil yang berada di jalan dengan ketinggian mengharuskan pengemudi untuk meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, batas kecepatan maksimal di jalan tol layang juga dibatasi, yaitu hanya 60 kilometer per jam (kpj).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan, saat menyalip kendaraan lain ada prinsip defensive driving yang harus dilakukan pengemudi.

“Pertama, harus diperhatikan adalah selalu menyalip dari sebelah kanan. Jika ingin menyalip, pastikan juga kondisi lalu lintas itu kosong atau aman,” ujar Sony ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Klub Motor Tua Donasikan APD dan Masker ke Tenaga Medis

Aturan tersebut merujuk pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), pada Paragraf 3 soal Jalur dan Lajur Lalu Lintas, memang pada pasal 109 ayat 1 disebutkan kalau menyalip harus menggunakan jalur atau lajur sebelah kanan.

Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-VHPM Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-V

“Pengemudi kendaraan bermotor yang akan melewati kendaraan lain harus menggunakan lajur atau jalur Jalan sebelah kanan dari kendaraan yang akan dilewati, mempunyai jarak pandang yang bebas, dan tersedia ruang yang cukup.”

Baca juga: Komunitas Mobil Tetap Gencar Berdonasi di Tengah Pandemi

Sony menambahkan, pengemudi juga perlu mempertimbangkan apa kepentingannya. Urungkan saat memang dalam keadaan terburu-buru.

“Jangan lupa juga untuk memperhatikan faktor-faktor lain, seperti rambu-rambu lalu lintas, kondisi jalan, cuaca, dan angin,” katanya.

Ketika ingin menyalip, pengemudi juga harus memperhatikan kecepatan kendaraan. Kecepatan menyusulnya maksimal 100 kpj.

“Jika memang benar-benar kondisinya tidak darurat, sebaiknya tidak perlu menyalip kendaraan lain,” ujar Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.