Dilarang Mudik, Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan

Kompas.com - 23/04/2020, 07:22 WIB
Sejumlah petugas kepolisian memberi arahan kepada pengendara mobil pada uji coba ganjil genap di ruas Tol Jagorawi, Jakarta, Senin (16/4/2018). Uji coba yang dilakukan setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional tersebut dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB diharapkan dapat mengurai kemacetan. MAULANA MAHARDHIKASejumlah petugas kepolisian memberi arahan kepada pengendara mobil pada uji coba ganjil genap di ruas Tol Jagorawi, Jakarta, Senin (16/4/2018). Uji coba yang dilakukan setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional tersebut dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB diharapkan dapat mengurai kemacetan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah menyiapkan 19 pos pengamanan terpadu untuk menjaga pergerakan perpindahan orang selama Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Melalui keterangan tertulis, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Puromo Yogo menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan tindak lanjut dari putusan larangan mudik, sebagaimana diucapkan Presiden Joko Widodo pada Senin (21/4/2020) lalu.

"Ada tiga Pospan (pos pantauan) utama, khususnya di jalan tol baik yang mengarah ke Jawa Barat (GT Cikarang Barat), Bogor (GT Cimanggis), dan Merak (GT Bitung)," katanya, Rabu (23/4/2020).

Baca juga: Mulai Berlaku Jumat, Ini Sanksi untuk yang Nekat Mudik

Petugas kepolisian menghalau pengendara motor yang akan masuk ke Jakarta karena tidak mengenakan masker saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di perbatasan Tangerang Selatan dengan DKI Jakarta, Sabtu (11/4/2020). Pada hari kedua pelaksanaan penerapan PSBB masih banyak pengendara yang melanggar aturan dimana masih ada yang tidak mengenakan masker, pembatasan duduk penumpang mobil serta jumlah penumpang mobil yang melebihi aturan.ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL Petugas kepolisian menghalau pengendara motor yang akan masuk ke Jakarta karena tidak mengenakan masker saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di perbatasan Tangerang Selatan dengan DKI Jakarta, Sabtu (11/4/2020). Pada hari kedua pelaksanaan penerapan PSBB masih banyak pengendara yang melanggar aturan dimana masih ada yang tidak mengenakan masker, pembatasan duduk penumpang mobil serta jumlah penumpang mobil yang melebihi aturan.

Kemudian, 16 pos pengamanan terpadu lainnya tersebar di jalur arteri daerah perbatasan Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Secara detail, Sebanyak lima titik pos pengamanan terpadu di wilayah Tangerang Kota yakni Lippo Karawaci, Batu Ceper, Ciledug, Kebon Nanas, dan Jatiuwung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, sebanyak dua titik pos pengamanan di Tangerang Selatan yakni Jalan Raya Puspiptek dan Kecamatan Curug.

"Wilayah Depok ada dua (pos pengamanan terpadu) yakni Jalan Raya Bogor Cibinong dan Citayam. Wilayah Bekasi Kota ada 3 yaitu Sumber Arta, Bantar Gebang, dan Cakung," jelas Sambodo.

"Tidak hanya 19 pos utama ini, kami juga jaga jalur tikus melalui pos check point PSBB yang masih berlaku. Polsek juga akan turut awasi, jadi jalur motor, jalur tikus itu pasti ada pengawasannya," lanjut dia.

Baca juga: Larangan Mudik Berlaku Hingga 31 Mei 2020

Aplikasi seperti TMC Polda Metro Jaya menawarkan banyak info, mulai dari keberadaan kantor polisi, kejadian penting seputar kecelakaan, demonstrasi dan kebakaran dapat menjadi pertimbangan Anda demi kelancaran perjalanan mudik nanti.Shutterstock Aplikasi seperti TMC Polda Metro Jaya menawarkan banyak info, mulai dari keberadaan kantor polisi, kejadian penting seputar kecelakaan, demonstrasi dan kebakaran dapat menjadi pertimbangan Anda demi kelancaran perjalanan mudik nanti.

Untuk diketahui, pos pengamanan terbadu yang berfungsi sebagai pos check point ini akan diawasi oleh TNI dan Dihas Perhubungan.

"Kami sudah mapping beberapa tempat daerah jalur tikus yang disampaikan tadi dan sudah disiapkan pengamanan untuk bisa sortir kendaraan roda dua yang keluar dari Jakarta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.