Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Mudik, Polda Metro Jaya Siapkan Pos Pengamanan

Kompas.com - 23/04/2020, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah menyiapkan 19 pos pengamanan terpadu untuk menjaga pergerakan perpindahan orang selama Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Melalui keterangan tertulis, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Puromo Yogo menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan tindak lanjut dari putusan larangan mudik, sebagaimana diucapkan Presiden Joko Widodo pada Senin (21/4/2020) lalu.

"Ada tiga Pospan (pos pantauan) utama, khususnya di jalan tol baik yang mengarah ke Jawa Barat (GT Cikarang Barat), Bogor (GT Cimanggis), dan Merak (GT Bitung)," katanya, Rabu (23/4/2020).

Baca juga: Mulai Berlaku Jumat, Ini Sanksi untuk yang Nekat Mudik

Petugas kepolisian menghalau pengendara motor yang akan masuk ke Jakarta karena tidak mengenakan masker saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di perbatasan Tangerang Selatan dengan DKI Jakarta, Sabtu (11/4/2020). Pada hari kedua pelaksanaan penerapan PSBB masih banyak pengendara yang melanggar aturan dimana masih ada yang tidak mengenakan masker, pembatasan duduk penumpang mobil serta jumlah penumpang mobil yang melebihi aturan.ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL Petugas kepolisian menghalau pengendara motor yang akan masuk ke Jakarta karena tidak mengenakan masker saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di perbatasan Tangerang Selatan dengan DKI Jakarta, Sabtu (11/4/2020). Pada hari kedua pelaksanaan penerapan PSBB masih banyak pengendara yang melanggar aturan dimana masih ada yang tidak mengenakan masker, pembatasan duduk penumpang mobil serta jumlah penumpang mobil yang melebihi aturan.

Kemudian, 16 pos pengamanan terpadu lainnya tersebar di jalur arteri daerah perbatasan Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Secara detail, Sebanyak lima titik pos pengamanan terpadu di wilayah Tangerang Kota yakni Lippo Karawaci, Batu Ceper, Ciledug, Kebon Nanas, dan Jatiuwung.

Kemudian, sebanyak dua titik pos pengamanan di Tangerang Selatan yakni Jalan Raya Puspiptek dan Kecamatan Curug.

"Wilayah Depok ada dua (pos pengamanan terpadu) yakni Jalan Raya Bogor Cibinong dan Citayam. Wilayah Bekasi Kota ada 3 yaitu Sumber Arta, Bantar Gebang, dan Cakung," jelas Sambodo.

"Tidak hanya 19 pos utama ini, kami juga jaga jalur tikus melalui pos check point PSBB yang masih berlaku. Polsek juga akan turut awasi, jadi jalur motor, jalur tikus itu pasti ada pengawasannya," lanjut dia.

Baca juga: Larangan Mudik Berlaku Hingga 31 Mei 2020

Aplikasi seperti TMC Polda Metro Jaya menawarkan banyak info, mulai dari keberadaan kantor polisi, kejadian penting seputar kecelakaan, demonstrasi dan kebakaran dapat menjadi pertimbangan Anda demi kelancaran perjalanan mudik nanti.Shutterstock Aplikasi seperti TMC Polda Metro Jaya menawarkan banyak info, mulai dari keberadaan kantor polisi, kejadian penting seputar kecelakaan, demonstrasi dan kebakaran dapat menjadi pertimbangan Anda demi kelancaran perjalanan mudik nanti.

Untuk diketahui, pos pengamanan terbadu yang berfungsi sebagai pos check point ini akan diawasi oleh TNI dan Dihas Perhubungan.

"Kami sudah mapping beberapa tempat daerah jalur tikus yang disampaikan tadi dan sudah disiapkan pengamanan untuk bisa sortir kendaraan roda dua yang keluar dari Jakarta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Berikut titik-titik lokasi pos pantau cegah pemudik yang dibuat Polda Metro Jaya di jalan tol:

1. Pintu Tol Cikarang Barat.
2. Pintu Tol Cimanggis.
3. Pintu Tol Bitung arah Tangerang.

Berikut titik pos pantau di jalur arteri:

Tangerang Kota:
1. Lipo Karawaci.
2. Batu Ceper.
3. Cileduk.
4. Kebon Nanas.
5. Jatiuwung.

Tangerang Selatan:
1. Puspitek.
2. Curug.

Depok:
1. Jalan Raya Bogor Cibinong.
2. Citayam.

Bekasi Kota:
1. Sumber Arta.
2. Bantar Gebang.
3. Cakung.

Bekasi Kabupaten:
1. Cibarusa.
2. Kedungwaringin.
3. Mojolangu
4. Kebayoran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com