Bahaya Vapor Lock yang Bisa Membuat Rem Mobil Blong

Kompas.com - 21/04/2020, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pengereman pada kendaraan merupakan komponen vital. Komponen ini perlu dirawat dan dijaga sebaik mungkin agar tetap bisa bekerja secara optimal. Jangan sampai rem menjadi tidak fungsi alias blong gara-gara vapor lock.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan, vapor lock adalah kondisi dimana rem terlalu panas akibat diinjak terlalu lama, sehingga minyak rem menjadi mendidih.

“Ketika minyak rem mendidih, maka akan menghasilkan uap air yang bisa mengakibatkan rem blong, inilah yang dinamakan dengan vapor lock,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Alasan Kenapa Posisi Ban Harus Lurus Selama Mobil Parkir

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Uap air tersebut dihasilkan dari kerja keras rem yang dilakukan oleh pengemudi. Sehingga, minyak rem menjadi panas hingga mencapai titik didih kemudian memunculkan uap pada sitem pengereman.

Baca juga: Mudik Dilarang, Polisi Siapkan Rencana Penutupan Jalan Tol dan Non-Tol

Didi melanjutkan, pengemudi bisa menggunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Dengan begitu, minyak rem juga akan lebih aman dan tidak cepar mendidih.

“Untuk menghindari terjadinya vapor lock, saat turunan, sebaiknya jangan menginjak rem untuk menghentikan atau memperlambat laju mobil. Pengemudi bisa menggunakan engine brake, dengan begitu intensitas penggunaan rem bisa dikurangi,” kata Didi.

Didi menambahkan, untuk itu perlu dilakukan penggantian minyak rem secara berkala di setiap 40.000 km. Setiap kelipatan 40.000 km, minyak rem harus dicek dan diganti.

“Kalau tidak diganti, khawatirnya ada uap air atau udara di dalam sistem pengereman, akibat dari vapor lock,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.