Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NMAX Sudah Terkoneksi ke Ponsel, Bisa Sulitkan Maling?

Kompas.com - 05/02/2020, 14:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Yamaha NMAX 155 varian Connected/ABS telah terkoneksi ke smartphone melalui aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect). Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play Store dan App Store.

Y-Connect terhubung ke sepeda motor dengan sambungan bluetooth ke perangkat Communication Control Unit (CCU). Cara mengaktifkannya, pemilik harus memasukkan nomor rangka unit motor secara manual atau scan barcode.

Perlu diingat, motor hanya terkoneksi pada satu aplikasi atau smartphone saja. Oleh sebab itu, aplikasi tidak bisa dicocokkan (pairing) saat motor sudah lebih dahulu terkoneksi dengan smartphone lainnya.

Baca juga: Resmi, Yamaha NMAX 155 Conected/ABS Dibanderol Rp 33,7 Juta

"Selama aplikasi Y-Connect tidak dikeluarkan (log out) oleh pemilik maka smartphone lain tidak akan bisa melakukan log in atau pairing untuk motor yang sama," kata Hanggi Nurakhman, Business Process Development System PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Tangerang, Selasa (4/2/2020).

Yamaha resmi merilis NMAX 155 ConnectedKOMPAS.com/Ruly Yamaha resmi merilis NMAX 155 Connected

"Ini akan membuat maling kerepotan karena karena aplikasi Y-Connect tidak bisa digunakan" ujarnya lagi.

Meski demikian, ia tidak bisa menjanjikan bahwa motor bakal bebas dari kasus pencurian sepeda motor. Sebab, aplikasi tidak berfungsi seperti GPS Tracker.

"Aplikasi ini mengandalkan bluetooth, jadi ketika terlalu jauh tidak bisa deteksi lokasi motor. Kalau masih dalam jangkauan dengan kondisi motor hidup, Y-Connect akan mencatat dimana motor terakhir diparkir lewat menu location," ujar Ahmad Hamdani dari Divisi Bisnis Proses Development PT YIMM.

Baca juga: Fitur Unggulan Y-Connect, Bisa Cek Konsumsi BBM di Ponsel

Tampilan menu konsumsi bahan bakar di Y-ConnectKOMPAS.com/Ruly Tampilan menu konsumsi bahan bakar di Y-Connect

Adapun hal-hal yang dapat diinformasikan lewat aplikasi Y-Connect adalah, kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) yang berada di motor, mencatat jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar tiap harinya, peringatan perawatan rutin, serta menyimpan data lokasi parkir motor berdasarkan lokasi terakhir aplikasi memutuskan hubungan dengan motor.

Kemudian, jika ada panggilan atau pesan masuk ke smartphone pengguna, speedometer akan memberikan pemberitahuan.

Aplikasi ini juga bisa menampilkan data sudut bukaan throttle perputaran mesin, akselerasi, hingga saran berkendara yang ekonomis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com