Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Bikin Sulit Dicuri Maling?

Kompas.com - 20/10/2019, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mengurangi risiko pencurian sepeda motor yang marak terjadi, beredar informasi terkait penguncian setang menghadap ke kanan lebih aman dibanding arah sebaliknya.

Imbauan tersebut sebenarnya sempat viral tahun lalu lewat sebuah video yang menunjukkan seorang maling gagal membobol kunci motor yang diparkir dengan posisi setang ke arah kanan.

Maling motor tersebut terlihat kesulitan untuk memasukkan kunci letter T ke lubang kunci motor.

Baca juga: Ikuti Langkah Ini Ketika Membeli Motor Bekas

Ditemui, Technical Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno membenarkan hal tersebut. Menurut Endro, setang motor yang menghadap kanan lebih menyulitkan pencuri saat hendak melakukan aksinya.

Ilustrasi: Deretan motor diparkir di dalam jembatan penyeberangan yang terhubung dengan Halte Bus TransJakarta Green Garden, Kedoya, Jakarta, Kamis (1/11/2012). KOMPAS/LASTI KURNIA Ilustrasi: Deretan motor diparkir di dalam jembatan penyeberangan yang terhubung dengan Halte Bus TransJakarta Green Garden, Kedoya, Jakarta, Kamis (1/11/2012).

"Pada prinsipnya, kunci setang mau ke kanan atau ke kiri bebas saja. Tapi memang yang susah dibobol itu saat menghadap ke kanan karena setang akan berada di atas lubang kunci. Aksi pencurian akan terhambat," katanya di Jakarta, belum lama ini.

Kendati demikian, bukan berarti motor bakal aman. Kehilangan masih saja bisa terjadi, apalagi jika parkir motor di sembarang tempat.

Ada charger USB pada setang.Yamaha Indonesia Ada charger USB pada setang.

"Ini hanya membatasi ruang gerak mereka saja untuk mencungkil bagian kunci sehingga waktu yang dibutuhkan lebih lama. Jadi tetap penting untuk memperhatikan tempat parkir, kunci pengaman, dan lainnya karena risiko motor tercuri tidak hilang," ujar Endro.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk jenis motor sport yang memiliki lubang kunci di bagian atas. Artinya, motor sport baik dikunci ke kanan atau ke kiri, lubangnya tetap bebas tidak terhalang setang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com