Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Aja, Ini Trik Mudah Ganti Air Radiator Mobil

Kompas.com - 17/04/2020, 19:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Radiator merupakan komponen penting pada sistem pendingin di mobil, agar suhu mesin tetap terjaga dan terhindar dari masalah overheat.

Jadi sudah sewajarnya bagian ini selalu dilakukan pengecekan, agar tidak terjadi kendala saat dipakai.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan penyebab utama terjadi overheat ialah adanya kebocoran pada sirip radiator atau bagian waterpump mobil.

Hal ini terjadi katena korosi di kisi-kisi radiator mobil.

Baca juga: Ini 5 Motor Sport Bekas di Bawah Rp 10 Jutaan, Bisa Dapat CB150R

Ilustrasi reservoir air radiatorautoguru.com.au Ilustrasi reservoir air radiator

“Baiknya pergantian air radiator itu setiap 20.000 kilometer atau jika airnya sudah terlihat keruh karena jarang digunakan. Supaya aman, setiap servis berkala minta dilakukan pengecekan kembali saja,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Baca juga: Manfaat Angkat Wiper Mobil saat Parkir di Rumah Selama PSBB

Namun, dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti ini yang tidak memungkinan pemilik mobil untuk membawa kendaraannya ke bengkel.

Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM, Didi Ahadi, mengatakan mengganti air radiator sebenarnya mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah, yang terpenting pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin.

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuka tutup lubang bagian atas, lalu buka baut pembuangan radiator yang ada di bagian bawah. Gunakan baki atau ember untuk menampung airnya.

"Kemudian tutup pembuangan air bagian bawah, isi air radiator dengan cairan pendingin. Jangan lupa cek cairan di cadangannya, dan periksa tidak ada kebocoran, “ ujar Didi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com