Kompas.com - 15/04/2020, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Suspensi motor merupakan komponen yang memengaruhi kualitas dari kenyamanan berkendara. Suspensi standar sebenarnya sudah cukup, namun pilihan produk aftermarket juga tidak kalah menarik.

Suspensi motor merupakan salah satu komponen yang bisa dimodifikasi. Suspensi aftermarket memiliki beberapa keunggulan seperti bisa disetel tingkat kekerasan dan bantingannya. Memilih suspensi juga bisa mengikuti selera dari pemilik kendaraannya.

Memang harga suspensi aftermarket lebih mahal dibanding yang standar. Membeli produk di luar standar bukan berarti minim perawatan. Ada beberapa merek suspensi aftermarket yang harus dirawat secara rutin.

Baca juga: Bantu Driver Dapat Penghasilan, Gojek dan Grab Tagih Janji Permenhub

Suspensi balap dan harian Ohlins untuk Yamaha R15.Agung Kurniawan Suspensi balap dan harian Ohlins untuk Yamaha R15.

Agung Febrianto, Teknisi Ohlins Indonesia, mengatakan, menggunakan suspensi aftermarket, juga perlu melakukan perawatan. Upaya ini dilakukan agar performa dari suspensi bisa terus maksimal.

“Perawatan yang dilakukan seperti dibersihkan dan diganti oli dan gasnya. Servis ini juga berlaku untuk fork depannya,” ucap Agung kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Lokasi Razia Kendaraan Selama PSBB Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor

Menyervis suspensi standar juga sebenarnya bisa untuk dilakukan, tetapi hanya untuk fork depan. Seperti yang dikatakan Gofur, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta.

“Suspensi depan bisa diservis di bengkel resmi, dengan ganti oli dan sealnya. Servis bisa dilakukan satu tahun sekali. Tetapi untuk suspensi belakang, kalau sudah bocor, ganti satu set, tidak bisa diservis,” kata Gofur kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.