Kompas.com - 15/04/2020, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan, tak banyak bengkel mobil yang tetap beroperasi. Namun, beberapa bengkel resmi yang sudah mengantongi izin tetap melayani konsumen, tapi dengan pendekatan yang berbeda.

Salah satu bengkel resmi yang menutup aktivitas pelayanan adalah Daihatsu. Semua bengkel resmi Daihatsu yang berada di wilayah PSBB tidak beroperasi.

Baca juga: Pekan Pertama, 3.474 Pengendara Langgar Ketentuan PSBB di Jakarta

"Untuk kota- kota lainnya yang belum PSBB, kita masih buka seperti biasa. Mengenai kapan akan buka lagi, kita mengikuti arahan dari pemerintah," ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Bengkel resmi lainnya yang tutup selama PSBB diberlakukan adalah Toyota. Anton Jimmy Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, bengkel resmi Toyota tutup, sesuai dengan aturan PSBB.

"Kita akan buka lagi sesuai dengan arahan PSBB saja," kata Anton.

Berbeda dengan Suzuki, Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, Suzuki akan tetap mengoptimalkan layanan untuk pelanggan di masa sulit ini.

"Pelanggan tidak perlu khawatir merawat kendaraan. Meski tidak bisa keluar rumah, pelanggan tetap bisa mendapatkan layanan home service untuk mengecek dan servis mobil," ujar Harold.

Harold menambahkan, untuk pelanggan yang mobilya terpaksa harus diservis di bengkel, Suzuki punya layanan pick up service. Semua bisa diakses via Halo Suzuki.

Baca juga: Kendala Baru Saat PSBB, Ojol Mulai Kesulitan Ambil Order Makanan

Sedangkan untuk Honda, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, mengatakan, bengkel yang sudah memiliki izin beroperasi akan tetap standby untuk melayani konsumen yang membutuhkan perawatan atau perbaikan kendaraan, termasuk layanan Home Sevice.

"Tentunya aktivitas ini juga dilakukan dengan memperhatikan prosedur kesehatan dan meminimalkan jumlah karyawan yang bekerja. Tentunya teknisi kami juga dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) pada saat berkunjung ke rumah konsumen," kata Billy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.