Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CB100 Dicari karena Dilan 1990

Kompas.com - 08/04/2020, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor klasik seperti Honda CB100 di Indonesia cukup banyak populasinya. Motor ini menjadi salah satu motor terlaris di era '70-an. Dengan jumlahnya yang banyak, CB100 di Indonesia harganya tidak bisa dibilang fantastis.

Belum ada yang mencapai ratusan juta rupiah dan hanya sedikit yang mencapai puluhan juta rupiah. Meskipun, motor ini sudah masuk kategori klasik dan tidak diproduksi lagi.

Baca juga: Lagi Tren, Bikin Motor Retro ala Honda CB100

Mulyanto, pecinta motor klasik pemilik akun Instagram @motor_tua_jakarta, mengatakan, saat ini pasaran CB100 cukup bervariasi. Untuk yang masih bahan, biasanya di kisaran Rp 6 jutaan sampai Rp 9 jutaan.

Honda CB100 GelatikOni Faristiwa Honda CB100 Gelatik

"Kalau yang orisinal atau sudah direstorasi, pasarannya cukup tinggi, bisa mencapai Rp 10 jutaan sampai Rp 15 jutaan," kata Mulyanto.

Apalagi, CB100 yang jarang beredar, seperti CB100 K5 yang merupakan edisi terakhir dari CB100. Tapi, menurut Mulyanto, ada saja pemilik yang menjual CB100 sampai puluhan juta rupiah.

Baca juga: Tiger Ala-ala CB100 Dilan, Murah Meriah

"Biasanya yang masih orisinal semua, mulai dari cat hingga semua komponennya masih asli dari pabrik, atau yang sudah direstorasi pakai komponen yang orisinal semua," ujar Mulyanto.

Menurut Mulyanto, kondisi yang sama juga berlaku untuk CB125. Belum lama ini, Mulyanto berhasil menjual CB125 tahun 1973 dan CB100 K5 tahun 1980. Masing-masing tembus belasan juta rupiah.

"Itu pun harganya mungkin terdongkrak berkat film Dilan 1990," kata Mulyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com