Kenali 3 Penyebab Karet Wiper Mobil Cepat Rusak

Kompas.com - 07/04/2020, 06:32 WIB
Magic Vision Control, wiper cerdas Mercedes-Benz agar semprotan air tak menghalangi pandangan pengemudi. Mercedes-BenzMagic Vision Control, wiper cerdas Mercedes-Benz agar semprotan air tak menghalangi pandangan pengemudi.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Karet wiper pada mobil mempunyai batas usia masing-masing Tetapi, dengan perilaku yang benar saat mengoperasikannya, bukan tidak mungkin bisa memperpanjang usia pemakaian.

Hanya saja, selama ini masih banyak pemilik mobil yang kurang menghiraukan faktor-faktor yang bisa memperpendek masa penggunaan karet wiper.

Mengingat, kerusakan karet penyeka kaca selain karena usia pemakaian juga bisa disebabkan oleh beberapa waktu. Mulai dari kondisi cuaca sampai dengan pengoperasian karet penyeka air pada kaca mobil ini.

Baca juga: Jangan Nyalakan Wiper Saat Karetnya Kering, Ini Alasannya

Berikut tiga faktor yang bisa menyebabkan kerusakan karet wiper

Parkir di bawah terik matahari

Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.

Perilaku parkir mobil di bawah terik matahari sangat berpengaruh pada karet wiper. Pasalnya, panas yang terkena kaca mobil bisa membuat kelenturan karet menjadi berkurang.

Jika kondisi ini berlangsung lama, bisa menyebabkan karet menjadi keras dan tidak bisa menyeka kaca secara sempurna.

Didi Ahadi selaku Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, wiper yang terjemur matahari bisa mengurangi kelenturan karetnya.

Baca juga: Sebelum Ganti, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Wiper Mobil

“Penyebab kerusakannya bisa saja mobil kejemur panas dalam waktu yang lama, karena terpapar panas dan karet menempel pada kaca sehingga daya lenturnya bisa berkurang dan menjadi keras,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (6/4/2020).

Permukaan kaca yang kotor

Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat bladebosch Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X