Mitos atau Fakta, Saat Matikan Mesin Mobil Perlu Injak Gas Lebih Dulu?

Kompas.com - 28/03/2020, 13:32 WIB
Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. FMMOTORPARTS.comIlustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

JAKARTA, KOMPAS.com – Virus corona atau Covid-19 saat ini masih meluas penyebarannya di Indonesia. Pemerintah juga meminta masyarakat untuk bekerja dari rumah (work from home) dan tidak pergi kemana-mana.

Kondisi seperti ini menyebabkan mobil yang biasa digunakan sehari-hari menjadi diam di garasi. Untuk menjaga situasi mobil agar tetap maksimal, lebih baik dipanaskan dalam waktu tertentu.

Setelah beres memanaskan kendaraan, ada pemilik yang menginjak gas sebelum mematikan mesinnya. Apakah hal tersebut diperlukan saat ingin mematikan mesin?

Baca juga: Lubang USB di Kabin Bus Bukan Buat Cas Bank Daya

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, menekan gas sebelum mematikan mesin merupakan mitos pada pengemudi lama.

Menginjak gas sebelum mematikan mesin dilakukan oleh pengemudi lama. Hal ini dilakukan agar alternator menghasilkan listrik dan di simpan di aki agar tidak tekor,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (28/3/2020).

Hal ini bisa terjadi pada mobil-mobil lama, namun tergantung pada akinya juga. Untuk aki yang sudah tidak bisa menyimpan listrik, memang diperlukan untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga: Penghapusan Ganjil Genap Kemungkinan Diperpanjang

Namun seiring berjalannya waktu, mobil modern saat ini sudah tidak perlu lagi menekan gas sebelum mematikan mesinnya.

“Sudah tidak perlu menginjak gas lagi sebelum mematikan mesin mobil. Teknologi aki saat ini sudah semakin baik, tidak seperti jaman dulu,” kata Didi.

Menginjak gas sebelum mematikan mesin pada mobil modern tidak ada gunanya. Daripada membuang bensin dan menambah polusi, mesin mobil sekarang tinggal dimatikan saja, tanpa khawatir aki akan tekor.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X