Manfaatkan WFH dengan Cek Kedaluwarsa Obat di Kotak P3K

Kompas.com - 28/03/2020, 09:02 WIB
Ilustrasi kotak P3K di mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi kotak P3K di mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus Corona memaksa sebagian besar orang untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). Dengan WFH, banyak orang yang memiliki waktu luang.

Waktu luang ini bisa dimanfaatkan, salah satunya dengan mengecek tanggal kedaluwarsa obat yang tersimpan di kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Baca juga: Manfaatkan WFH Sambil Bersihkan Mesin Motor Pakai Perlengkapan Rumahan

Setiap mobil wajib dilengkapi kotak P3K. Isi kotak ini, adalah perlengkapan medis, termasuk obat-obatan yang siap digunakan setiap saat, ketika terjadi kecelakaan di jalan.

Ilustrasi pertolongan pertamaShutterstock Ilustrasi pertolongan pertama

Tak sedikit pemilik mobil yang menyimpan kotak P3K di tempat yang jarang terlihat. Dengan demikian, banyak yang mengabaikan isi dari kotak P3K ini, termasuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa dari obat di dalamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara umum, obat-obatan pada kotak P3K memiliki masa berlaku hingga dua sampai empat tahun," ujar Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Bambang menambahkan, obat-obatan tersebut bisa saja lebih cepat kedaluwarsa jika sudah dibuka atau digunakan. Maka itu, sebaiknya jangan lupa untuk mengeceknya dan segera diganti jika sudah mendekati tanggal kedaluwarsa.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Merawat Ban Mobil Saat WFH

Isi dari kotak P3K sendiri pada umumnya hanya obat-obatan ringan dan kebanyakan hanya untuk luka luar, seperti cairan antiseptic, perban, kapas, dan lainnya.

Tapi, tak dilarang juga jika pemilik mobil menambahkan obat-obatan pribadi di dalam kotak P3K, seperti obat sakit kepala, obat flu, obat maag, dan lainnya.

Di saat wabah virus Corona belum mereda seperti sekarang ini, sebaiknya tambahkan masker, cairan pencuci tangan (hand sanitizer), atau semprotan disinfektan, jika memang terpaksa harus pergi ke suatu tempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.