Ini Keunggulan dan Kelemahan Shogun SP125

Kompas.com - 25/03/2020, 16:01 WIB
Suzuki Shogun SP 125 Foto: Ikamart.comSuzuki Shogun SP 125
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Shogun eksis mulai 1995 sampai 2014. Dalam kurun waktu tersebut Shogun punya beberapa generasi dan model, mulai dari Shogun kebo sampai Axelo alias robot.

Riau Ramadhan, anggota New Shogun Club (NSC), mengatakan, soal desain balik ke selera masing-masing, tapi saat ini model yang masih banyak diburu ialah Shogun SP125 singkatan dari Sport Production.

Baca juga: Yamaha WR155R Sampai ke Tangan Konsumen

"Kalau buat sekarang tetap Shogun SP 125, karena ya biasalah kawula muda suka ngebut," kata Riau kepada Kompas.com, Rabu (25/3/2020).

Riau mengatakan perawatan Shogun SP 125 terbilang mudah, istilahnya ''motornya bandel.'' Kekurangannya hanya paling soal harga komponen yang cukup mahal.

"Kelemahan bingung juga. Sparepart Suzuki banyak yang bilang mahal karena memang jarang ada yang KW-nya beda kaya merek lain yang ada KW-nya. Tapi di balik mahalnya itu, durability akan terasa, mahalnya pun tidak terlalu jauh," kata Riau.

Suzuki Shogun 125 SP Suzuki Shogun 125 SP

Meskipun begitu merujuk pada idiom "tak ada gading yang tak retak," Riau mengatakan Shogun SP 125 tetap punya kelemahan yaitu kopling yang berdengung kalau lama dipakai.

Kopling di Shogun SP yang tipe FD bagian koplingnya suka dengung. Kalau tak salah di bagian rumah kopling-nya. Tapi di Shogun SP tipe FL itu sudah tak ada masalah sepeti itu," katanya.

Baca juga: Pasaran Harga Bebek Legendaris Suzuki Shogun Masih Murah

"Perbedaan Shogun SP 125 tipe FD terlihat di bagian electric starter. Tipe FD merupakan keluaran 2005-2008 adapun FL yakni dari 2008 sampai setop produksi," 

Sekarang ini, pasaran harga Shogun SP 125 bekas ada di kisaran Rp 3,5 juta hingga Rp 5 jutaan. Harga tertinggi bisa mencapai kisaran Rp 8 jutaan, jika kondisinya terawat.

Data spesifikasi Suzuki Shogun SP 125:

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X